Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa memastikan pesawat yang akan menjemput jenazah istri mantan Presiden BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie, sudah terbang menuju Jerman sehingga jenazah Ainun bisa tiba di Tanah Air Selasa (25/5).

"Deplu bekerja keras pada Sabtu-Minggu kemarin untuk memastikan bisa dipercepat sehingga (pesawat penjemput) bisa berangkat hari Senin ini. Waktu kedatangannya lebih cepat satu hari dari yang diduga," ujar Menlu usai rapat Komisi I DPR, Jakarta, Senin

Menurut Marty, pesawat penjemput akan tiba di Munich kurang lebih Senin pagi pukul 09.00 waktu Jerman atau sore hari waktu Jakarta.

Selanjutnya, jenazah mantan ibu negara beserta keluarga Habibie akan kembali ke tanah air pada hari yang sama, yakni Senin siang waktu Jerman atau Senin sore waktu Indonesia.

Marty menyatakan pemakaman telah diurus oleh Sekretariat Negara. "Insya Allah, jenazah akan tiba di tanah air Selasa (25/5). Kemudian akan ada serangkaian upacara kenegaraan. Ini semua akan dikendalikan oleh Kementerian Sekretariat Negara," ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan akan memimpin upacara kenegaraan pemakaman mantan ibu negara Ainun Habibie pada Selasa (25/5) di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Hasri Ainun Habibie meninggal pada Sabtu (22/5) pukul 17.30 waktu Munich atau 22.30 WIB. Istri mantan Presiden Habibie itu lahir di Semarang pada 11 Agustus 1937 dan semasa hidupnya, Ainun aktif di bidang sosial kemasyarakatan dan beberapa yayasan yang didirikan keluarga Habibie.

D011/s018

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010