Jakarta (ANTARA News) - Ketua Panitia Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Patrialis Akbar menegaskan, pihaknya hanya akan mencari calon untuk mengisi kekosongan satu jabatan pimpinan KPK.

"Rencananya kita akan mencari satu orang untuk mengisi kekosongan itu," katanya ketika ditemui di Jakarta, Jumat.

Patrialis Akbar yang juga Menteri Hukum dan HAM itu menjelaskan, rencana mencari satu pimpinan KPK itu sesuai dengan rekomendasi DPR tentang pengisian jabatan pimpinan KPK yang ditinggalkan oleh Tumpak Hatorangan Panggabean.

Ketika ditanya apakah satu pimpinan KPK yang terpilih itu hanya menjabat sampai akhir 2011, Patrialis membenarkan.

Namun, menurut dia, hal itu akan dibahas di rapat panitia seleksi (Pansel). Hal itu disebabkan ada beberapa anggota Pansel yang menginginkan panitia memilih mencari calon pengganti lima pimpinan KPK, bukan hanya satu pimpinan.

"Nanti kita bicarakan segala sesuatunya," katanya.

Rencananya, kata dia, Pansel akan menggelar rapat perdana pada Senin (17/5).

Patrialis menjabat sebagai Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK berdasar Keputusan Presiden nomor 6 tahun 2010 tentang Pembentukan Pansel KPK yang ditandatangani pada 8 Mei 2010.

Wakil ketua panitia seleksi dijabat oleh Irjen Pol MH Ritonga dan H Soeharto. Seketaris panitia seleksi dijabat oleh Achmad Ubbe.

Anggota Pansel adalah Ahmad Syafi`i Maarif, Todung Mulya lubis, Rhenald Kasali, Basrief Arief, Akhiar Salmi, Erry Riyana Hardjapamekas, Muhammad Fajrul Falaakh, Ichlasul Amal, dan Hariyadi B Sukamdani. (F008/A035)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010