Sleman (ANTARA News) - Tujuh Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tingkat kelulusan siswa dalam ujian nasional mencapai 100 persen dan tidak ada satupun sekolah yang siswanya tidak lulus 100 persen.

"Berdasarkan jumlah nilai ujian nasional (UN) 2010 untuk SMP/MTs di Kabupaten Sleman tercatat 5,69 persen atau tujuh dari 123 sekolah berhasil lulus 100 persen, " kata Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah raga Kabupaten Sleman Sri Wantini, Jumat.

Menurut dia, ke tujuh sekolah yang berhasil lulus 100 persen tersebut adalah SMP Negeri 4 Pakem, SMP Negeri 1 Godean, MTs Raudhatul Muttaqien Kalasan, SMP Taman Dewasa Cangkringan dan MTs Ibnul Qoyyim Berbah.

"Berdasarkan peringkat nilai UN tingkat Propinsi DIY, untuk SMP Negeri 4 Pakem dan SMP Negeri 1 Godean berhasil masuk dalam 10 besar perolehan nilai UN 2010 tingkat Propinsi DIY. SMP Negeri 4 Pakem menduduki peringkat ke dua, sedangkan SMP Negeri 1 Godean berhasil menduduki peringkat tiga," katanya.

Ia mengatakan, sedangkan berdasarkan peringkat nilai UN tingkat Kabupaten Sleman, SMP Negeri 4 Pakem berhasil meraih nilai UN tertinggi yaitu 36,81.

"Peringkat kedua diduduki SMP Negeri 1 Godean dengan nilai UN 36,22 dan peringkat ketiga diraih SMP Negeri 1 Sleman dengan perolehan nilai 34,03," katanya.

Sri Wantini mengatakan, dari hasil UN di seluruh SMP/MTs di Kabupaten Sleman terdapat 3.007 siswa dari 12.490 peserta UN yang harus mengikuti UN Ulangan.

"Ujian ulangan akan dilaksanakan pada 17 sampai dengan 20 Mei 2010, hasil kelulusan akhir akan ditentukan setelah ujian ulangan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, sangat diharapkan seluruh siswa yang mengikuti UN ulangan bisa lulus 100 persen.

"Agar semua yang mengikuti ujian ulangan ini dapat lulus, pada Senin (10/5) Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olah raga segera akan mengadakan rapat koordinasi dengan seluruh Kapala Sekalah SMP/MTs guna menyiapkan siswa yang akan mengikuti UAN ulang tersebut," katanya.
(V001/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010