Palembang (ANTARA News) - Sebanyak 700 orang tamatan Sekolah Menengah Umum dari berbagai jurusan akan bersaing untuk bisa masuk pada Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Muzakir, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sumsel, di Palembang, Rabu mengatakan, para pelamar IPDN itu nantinya akan bersaing agar bisa masuk ke perguruan milik pemerintah tersebut.

Mereka akan bersaing secara ketat karena untuk Sumsel tahun ini hanya diberikan jatah sebanyak 40 orang yang bisa belajar di perguruan tersebut, kata dia pula.

Oleh karena itu diharapkan para pelamar untuk mengikuti dan berdisiplin supaya bisa diterima di IPDN yang hingga sekarang ini masih banyak diminati tersebut.

Menurut dia, direncanakan pelamar tersebut akan mengikuti tes antara lain administrasi, kesehatan dan psikologi yang dimulai pada 20 Mei 2010 ini.

Namun, lanjut dia, semua tes dan materi termasuk penentuan kelulusan dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah tidak diberikan kewenangan.

Daerah hanya mempersiapkan tempat dan calon sementara penentuan semuanya dilaksanakan pemerintah pusat, ujar dia lagi.

Ketika ditanya tentang pendaftaran tahun sebelumnya, ia mengatakan, sebelumnya hanya sebanyak 530 orang dan tahun ini mengalami peningkatan.

Namun, ia menyayangkan, walaupun minat cukup banyak tetapi yang akan diterima tetap sebanyak 40 orang dan sama seperti tahun sebelumnya.

IPDN merupakan perguruan tinggi yang para mahasiswanya disiapkan untuk menjadi calon pemimpin yang berkualitas sehingga penyeleksiannya dilaksanakan secara ketat. (U005/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010