Madrid (ANTARA News/AFP) - Indikator utama bursa saham Spanyol, indeks Ibex-35 ditutup turun 2,99 persen pada Rabu, setelah agen pemeringkat Standard & Poor`s memangkas peringkat kredit negara itu dan memperingatkan bisa menghadapi penurunan peringkat lainnya.

Saham bank Spanyol memimpin penurunan dengan saham Santander, bank terbesar Spanyol, turun 4,81 persen menjadi 9,10 euro, sementara BBVA, bank kedua terbesar, mengakhiri sesi dengan turun 4,76 persen pada 9,61 euro.

Ibex-35 jatuh menyusul penurunan 4,19 persen pada Selasa setelah lembaga pemeringkat kredit menurunkan peringkat Portugal dan juga Yunani, memicu keprihatinan bahwa krisis keuangan menjalar ke negara-negara lain.

S&P menurunkan peringkat kredit jangka panjang Spanyol menjadi "AA" dari "AA +" dan mengatakan prospeknya adalah negatif.

"Menurut pendapat kami, Spanyol cenderung memiliki jangka waktu lebih lama untuk pertumbuhan ekonomi yang lemah, yang melemahkan posisi anggarannya," kata badan tersebut dalam pernyataannya. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010