TOKYO, 28 April (ANTARA/Kyodo JBN-AsiaNet) -- Mulai Januari sampai Maret 2010, anggota muda Soka Gakkai International (SGI) di enam negara melakukan survei atas sikap teman-temannya terhadap senjata nuklir dan pemusnahannya sebelum Konferensi Tinjauan NPT mendatang.

     Sebanyak 4.362 survei wawancara dilakukan atas sejumlah orang dari usia muda hingga 30-an di Jepang, Korea, Filipina, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Inggris.

     Ketika ditanya apakah adanya senjata nuklir membantu perdamaian dan stabilitas global, 59,6% responden, termasuk yang berasal dari negara-negara nuklir, menjawab tidak.

     Lebih lanjut, 67,3% mengatakan penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima dalam keadaan apa pun juga, dengan hanya 17,5% menganggapnya dapat diterima sebagai upaya terakhir jika kelangsungan hidup suatu negara terancam dan 6,1% untuk mencegah terorisme internasional atau genosida (pemusnahan secara teratur terhadap suatu bangsa).

     Sebanyak 59,1% mengatakan akan merasa lebih aman jika senjata nuklir dihapuskan.

     Ketika ditanya negara mana yang memiliki senjata nuklir, 66,9% responden menyebut AS, 48,7% mengatakan Rusia, 30% China, 19,8% Inggris dan 19,8% Perancis. Lebih sedikit responden mengetahui senjata nuklir yang dimiliki India, Pakistan dan Israel, sedangkan 40,7% mengira Korea Utara mempunyainya.

     Di negara-negara nuklir, hanya 59,2% responden di AS mengetahui negaranya memiliki senjata nuklir, dan hanya 43,2% responden di Inggris menyadari milik negaranya.

     Pemimpin kelompok mahasiswa Soka Gakkai Takahisa Miyao, yang menyelenggarakan survei tersebut, berkomentar: "Hampir 70% responden mengatakan penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima dalam keadaan apa pun juga. Ini mendorong kami. Membangun luasnya penolakan senjata nuklir oleh kaum muda adalah kunci upaya ke arah pemusnahannya."

     Antara Januari dan Maret 2010, anggota pemuda Soka Gakkai di Jepang mengumpulkan 2.276.167 tanda tangan petisi yang mengimbau penggunaan Konvensi Senjata Nuklir yang akan melarang pengembangan, pengujian, produksi, penimbunan, pengiriman, penggunaan dan ancaman senjata nuklir.

     Hasil-hasil survei lengkap ada di: http://www.peoplesdecade.org/about/efforts/index.html

     Soka Gakkai International adalah perhimpunan agama Buddha beranggotakan 12 juta orang di 192 negara dan wilayah. Organisasi ini berpengalaman selama 50 tahun dalam meningkatkan perdamaian dan perlucutan senjata. Pada tahun 2007, SGI meluncurkan Dekade Rakyat untuk Penghapusan Nuklir, yang menawarkan beragam alat pendidikan. Lihat www.peoplesdecade.org

Sumber: Soka Gakkai International

     Kontak: Joan Anderson
                 Kantor Penerangan Publik
                 Soka Gakkai International
                 Tel: +81-3-5360-9482
                 Fax: +81-3-5360-9885
                 URL: www.sgi.org
                 E-mail: janderson[at]sgi.gr.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010