Makassar (ANTARA News) - PSM Makassar menghempaskan tamunya Persiwa Wamena 2-0 dalam lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin Makassar, Sabtu.

Dua gol kemenangan PSM diborong dua pemain asal Korea Selatan (Korsel) Park Jung Hwan pada menit 13 dan Shin Hyu Joon menit 57.

Gol pertama PSM lahir dari tendangan bebas saat Park dijatuhkan pemain belakang Persiwa Firly Afriyansyah. Sepakan kaki kanannya melewati pagar betis dan bersarang di sudut kiri gawang Persiwa.

Sementara gol kedua tim "Juku Eja" juga lahir dari pemain Korsel, Shin yang tendangannya bersarang di sudut kanan gawang Persiwa. Shin melepaskan tembakan menyisir tanah setelah melewati dua pemain belakang lawan.

Sejak menit pertama pertandingan, PSM langsung melahirkan peluang emas saat Park menyambut umpan Diva Tarkas, namun sundulannya membentur tiang kanan gawang Persiwa dan bola terpental keluar lapangan.

Empat menit kemudian Heru Nerly melepaskan tendangan dari luar area finati, namun penjaga gawang Persiwa Galih Firmansyah dengan sigap menghalau bola.

Ketinggalan satu gol, Persiwa perlahan keluar dari tekanan, sayang serangan yang mereka bangun selalu kandas barisan pertahan PSM yang dikomandoi Jeo Ki Hwan sebelum memasuki area finalti.

Satu-satunya peluang emas yang diperoleh anak-anak Wamena di babak pertama ketika sundulan Boakay E Poday menggetarkan gawang PSM. Hanya saja wasit menganulir gol tersebut, karena kapten Persiwa ini terlebih dahulu berada dalam posisi "offside".

Saat babak kedua dimulai, Persiwa langsung menekan dan menciptakan sejumlah peluang, diantaranya sundulan Alberto Mambrasar yang masih melambuang diatas mistar gawang PSM yang dijaga Syamsidar.

Demikian juga dengan dua tendangan keras yang dilepaskan Eric Week dari luar area finalti, masih bisa ditepis Syamsidar.

Sebaliknya PSM, yang sudah unggul dua kembali menciptakan peluang emas di menit 86 lewat tendangan keras Osvaldo Moreno yang masih bisa diblok kiper Persiwa.

Wasit yang memimpin pertandingan Jumadi Efendy mengeluarkan kartu kuning untuk pemain PSM Simon Kujiro yang menghalangi pergerakan pemain lawan dan untuk pemain Persiwa Joko Puspito karena mengasari Osvaldo.

Saat pertandingan baru dimulai, pengurus PSM meluncurkan program pengumpulan koin untuk membantu PSM. Hasilnya panitia berhasil mengumpulkan koin sekitar Rp1 juta dari penonton.

Selain itu pengurus juga mengumumkan PT Semen Tonasa sebagai sponsor utama PSM pada LSI 2010-2011.
(KR-AAT/I015/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010