Jakarta (ANTARA News) - Kesebelasan papan bawah klasemen, Persitara Jakarta Utara, berhasil membungkam Sriwijaya FC 5-1 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) di lapangan Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta, Sabtu sore.

Dengan hasil ini, Persitara mengoleksi 24 poin dari 30 pertandingan sementara Sriwijaya FC bertahan di papan tengah dengan 41 poin dari 28 pertandingan.

Persitara yang berusaha lepas dari zona degrasi ini langsung tampil agresif menekan pertahanan Sriwijaya yang merupakan juara Piala Indonesia dan Liga Indonesia 2007/2008.

Gol pertama Persitara dicetak oleh Prince Kabir Bello di menit ke-24. Babak kedua, Persitara mengganas dengan empat gol. Dua gol dicetak Sutikno menit ke-53 dan menit 66, dua gol lainnya oleh Oktivianus Maniani menit 56 dan Tantan 84.

Sementara gol hiburan untuk Sriwijaya FC oleh Rahmat Rivai pada menit ke-89.

"Kemenangan yang kami syukuri karena ternyata kami memang bukan tim jelek, kami hanya tim yang terlambat panas dan kurang beruntung. Anda lihat sendiri kalau kami main bagus dan penuh semangat," kata Manajer Persitara Hary "Gendhar" Ruswanto kepada wartawan usai pertandingan.

Menurut dia, dalam pertandingan pemainnya mampu tampil lepas dengan tidak memikirkan tim degradasi. Hal itu membuat permainan Persitara lebih dinamis dan sangat tenang. Permainan bola-bola pendek Persitara juga membuat Sriwijaya FC kelimpungan.

Hal senada juga disampaikan Suimin Diharja, pelatih Persitara, memuji penampilan anak asuhnya yang mampu membuat para pemain Sriwijaya FC keteteran.

"Saya senang anak-anak main baik, walau sangat telat," katanya.

Sementara itu, Pelatih Sriwijaya Rahmad Darmawan mengakui keunggulan tim tuan rumah Persitara. Dia juga tidak mengkambinghitamkan soal kelelahan timnya.

Menurut Rahmad, strategi yang dimainkannya bisa dibaca lawan dan pemainnya tidak bisa menjalankan dengan baik secara teknis maupun non teknis.

"Persitara sudah bermain dengan hati dan bisa menikmatinya saat ini, sementara kami tidak main dengan hati dan tidak seperti bermain layaknya Sriwijaya. Ini murni kesalahan saya, tidak bisa mengoptimalkan pemain yang ada di lapangan," katanya.

Hasil lainnya, tuan rumah Persipura menggulung pemimpin puncak klasemen liga, Arema Malang, dengan skor 4-1 sedangkan Persisam menumbangkan tamunya Persijap 5-0.
(T.T009/I015/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010