Manchester, Inggris (ANTARA News/AFP) - Manajer Manchester United Alex Ferguson membantah laporan-laporan bahwa ia akan menegaskan pensiunnya pada akhir musim mendatang.

"Omong kosong," kata Ferguson pada konferensi pers di Manchester, Jumat. "Tidak benar sama sekali," tambahnya.

"Saya belum bermaksud pensiun dan bila saya pensiun orang akan memberitahu (Kepala Eksekutif) David Gill dan (pemilik United) keluarga Glazer."

Bos veteran itu, yang akhir tahun ini berusia 69 tahun, menjadi pelatih di Old Trafford sejak 1986.

Tetapi pelatih asal Skotlandia itu tampaknya akan mempertahankan jabatan tersebut selama mungkin dan, berkenaan masih menjadi juara Inggris dan sedang mengejar gelar Liga Utama Inggris berikutnya, ia tampaknya belum rela memberikan jabatannya kepada pelatih seperti pelatih Inter Milan dan mantan pelatih Chelsea Jose Mourinho, seperti yang telah dilaporkan.

"Ada tekanan dalam hidup. Saya dapat mengatasinya," tambah Ferguson, yang mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri di tahun 2002, tetapi mengubah pendiriannya.

"Satu-satunya hal yang menentukan apakah saya akan tetap di sini adalah kesehatan saya. Dan saya dalam keadaan sehat wal`afiat."

Ferguson merasa hasil pertandingan pekan lalu telah membuat persaingan merebut juara menjadi terbuka lebar.

Manchester United dalam pertandingan "derby" di Manchester City menang 1-0 dan tergelincirnya Chelsea dengan kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur, membuat the Blues, yang tampak favorit kuat untuk menjadi juara, hanya unggul satu angka dari juara Inggris tersebut.

Tim asuhan Ferguson sekali lagi mempunyai kesempatan untuk memberi tekanan terhadap tim asuhan Carlo Ancelotti itu, saat mereka berhadapan dengan Tottenham hari Sabtu, 24 jam sebelum Chelsea berhadapan dengan Stoke.

Tottenham kini menempati posisi keempat sehubungan dengan kemenangannya atas Arsenal dan Chelsea, setelah kalah dari Portsmouth di semifinal Piala FA.

Ferguson memperhitungkan Spurs sebagai tim yang tampil bagus dalam laga Liga Utama Inggris (Liga Primer) musim ini dan mencemaskan tim asuhan Harry Redknapp itu.

Tetapi, ia berpendapat bahwa kemenangan atas Manchester City, yang seperti halnya Spurs sedang mengejar tempat Liga Champions, telah memberikan dorongan kuat kepada Manchester United untuk memenangi tiga pertandingan terakhir musim ini.

"Ada dorongan sekitar klub, tidak diragukan lagi," katanya. "Selalu ada susana tegang sekitar temat tersebut, tetaoi dalam latihan pekan ini, ketegangan itu tampak jelas, dorongan. Latihan sangat kompetitif.

"Kami hanya perlu menjalankan tugas kita dan membiarkan Chelsea mengatasi situasi mereka.

"Kami tahu kami harus menang, itu merupakan hal penting. Mereka mempunyai banyak pemain berpengalaman."

Ferguson menambahkan," Ini merupakan tim Tottenham terbaik. Mereka telah mengalahkan dua dari tiga tim terbaik di liga tersebut dan itulah bentuk juara dan semacam prestasi yang tak dapat ditandingi lainnya kecuali kami sendiri dan Chelsea telah merasakan musim ini.

Ferguson berpendapat bahwa hampir setiap tim di Inggris harus mengatasi kegelisahan tingkat besar pada tahap inidan itulah perasaan yang tak dapat dihindari klub-klub terkemuka papan atas tersebut.
(Uu.S005/R009)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010