Surabaya (ANTARA News) - Persebaya Surabaya dan Persidafon Dafonsoro menjadi wakil dari Grup F yang lolos ke babak 16 besar Piala Indonesia 2010, setelah sama-sama mencatat kemenangan pada laga terakhir penyisihan, Jumat.

Bermain di Stadion Gelora 10 Nopember Tambaksari Surabaya, Persebaya meraih kemenangan tipis 1-0 atas Persema Malang, melalui gol tunggal yang dicetak Andik Vermansah di menit ke-43.

Sementara Persidafon yang pada saat bersamaan berlaga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, menghentikan perlawanan Persipro Probolinggo dengan skor 2-0.

Dua gol Persidafon dicetak mantan pemain Persela Lamongan Carlos Raul di menit ke-28 dan tendangan bebas mantan pemain Persebaya Javier Roca pada menit ke-59.

Dengan hasil ini, Persebaya tampil sebagai juara Grup F dengan nilai tujuh, hasil dua kali menang dan sekali imbang. Sementara Persidafon di posisi kedua dengan nilai enam, hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Persema yang hanya meraih satu kemenangan berada di peringkat ketiga dan Persipro di posisi juru kunci dengan nilai satu.

"Sejak awal kami sudah cukup yakin bisa mengalahkan Persipro dan lolos ke babak 16 besar," kata pelatih Persidafon Freddy Muli usai pertandingan.

Menurut Freddy, keberhasilan lolos ke babak 16 besar menjadi modal bagus bagi timnya sebelum berlaga di babak delapan besar Divisi Utama musim 2009/2010.

"Piala Indonesia hanya sebagai sasaran antara dan pemanasan sebelum delapan besar, karena fokus kami adalah lolos Liga Super musim depan," tambah Freddy.

Pada kesempatan terpisah, pelatih Persebaya Rudy William Keeltjes mengaku bersyukur timnya bisa meraih kemenangan, kendati sebenarnya hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan lolos.

"Saya bukan tipe pelatih yang menganut sepak bola negatif dan tetap menginstruksikan anak-anak untuk bermain agresif. Persema tim yang cukup tangguh dan permainan sebenarnya cukup seimbang," katanya.

Setelah menyelesaikan babak penyisihan 32 besar Piala Indonesia, Keeltjes harus segera menyiapkan timnya untuk menghadapi laga lanjutan Liga Super Indonesia menghadapi Persik Kediri pekan depan.

Sedangkan pelatih Persema Aji Santoso mengakui timnya kurang beruntung, meskipun secara permainan mampu mengimbangi tekanan Persebaya.

"Gol Persebaya murni kesalahan pemain saya dalam mengantisipasi pergerakan Andik. Tapi saya tidak terlalu kecewa, karena anak-anak sudah bermain sangat maksimal," ujar Aji Santoso.

Berikut klasemen akhir Grup F : (main, menang, seri, kalah, gol, nilai)

1. Persebaya Surabaya 3 2 1 0 5-3 7*

2. Persidafon Dafonsoro 3 2 0 1 6-3 6*

3. Persema Malang 3 1 0 2 1-3 3

4. Persipro Probolinggo 3 0 1 2 1-4 1

Keterangan: tanda (*) lolos ke babak 16 besar.(*)
(T.D010/I007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010