London (ANTARA News/AFP) - Lembaga pemeringkat internasional Moody`s menurunkan peringkat utang jangka panjang (sovereign ratings) Yunani dari A2 menjadi A3 pada Kamis dan memperingatkan mereka menghadapi kemungkinan penurunan lebih lanjut dalam menghadapi masalah utang negara itu.

Dikatakan keputusan, dibuat karena Athena membahas sebuah penyelamatan dengan Uni Eropa dan IMF, adalah "berdasarkan pada pandangan Moody`s ada sebuah risiko signifikan bahwa utang hanya dapat stabil pada tingkat yang lebih tinggi dan lebih mahal daripada perkiraan sebelumnya."

Imbal hasil (yield) atau tingkat pengembalian yang dibayarkan kepada investor pada obligasi Yunani 10-tahun melompat ke rekor tertinggi pada Kamis di hampir 8,8 persen setelah investor bertaruh bahwa pemerintah harus mendapatkan bantuan langsung dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Moody`s mengatakan sebuah tinjauan akan menentukan apakah peringkat akan tetap dalam kisaran A dan kemungkinan prospek mereka.

Kajian tersebut akan disimpulkan setelah Moody`s "memperoleh kejelasan lebih besar pada langkah kebijakan jangka panjang dan prospek makroekonomi Yunani," menambahkan bahwa ini bisa terjadi kapan saja dalam tiga bulan ke depan.

Penurunan peringkat menjadi A3 berarti bahwa kertas utang pemerintah Yunani mempertahankan sebuah peringkat kelas investasi, tetapi berita datang karena Athena terhuyung-huyung di bawah tekanan pasar tanpa belas kasihan.

"Meskipun pemerintah Yunani tampaknya, atau bahkan di depan, jadwal dalam syarat-syarat dari implementasi tindakan yang diletakkan dalam Program Stabilitas dan Pertumbuhan, lingkungan makroekonomi dan keuangan sulit telah membuat kepatuhan terhadap program jauh lebih menantang," Moody`s mengatakan.

Meskipun telah ada kemajuan, revisi Uni Eropa untuk menempatkan defisit publik Yunani 2009 pada sebesar 13,6 persen dari Produk Domestik Bruto, naik dari yang diberikan sebelumnya 12,9 persen, berarti tugas itu menjadi semakin sulit.

"Akibatnya, Moody`s sekarang percaya bahwa stabilisasi utang akan, dalam semua kemungkinan, akhirnya terjadi tetapi mungkin terwujud dengan harga yang lebih tinggi dan tingkat yang lebih konsisten dengan kisaran peringkat Baa-."

Dalam skala Moody`s, hitungan Baa sebagai kelas peringkat investasi terendah.

"Ini tidak mungkin bahwa peringkat akan tetap di A3, kecuali tindakan pemerintah dapat mengembalikan kepercayaan di pasar dan melawan headwinds suku bunga tinggi yang berlaku dan pertumbuhan rendah yang pada akhirnya dapat merusak kemampuan pemerintah untuk mengurangi tingkat utang berkelanjutan," katanya.

Pada Desember, Moody`s menurunkan peringkat Yunani dari A1 ke A2. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010