pasar Aussie gagal memperpanjang kenaikannya ke sesi keenam
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia menghentikan kenaikan lima hari berturut-turut, berakhir lebih rendah pada perdagangan Kamis, dengan bank-bank besar dan perusahaan pertambangan mengimbangi keuntungan dari saham-saham blue chips Telstra dan Wesfarmers.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 merosot 31,50 poin atau 0,49 persen menjadi 6.418,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries terpangkas 31,70 poin atau 0,48 persen menjadi 6.619,40 poin.

"Seperti kata pepatah, semua hal baik akan berakhir, atau setidaknya jeda singkat, karena pasar Aussie gagal memperpanjang kenaikannya ke sesi keenam," kata analis pasar CommSec, James Tao.

"Ada sedikit pembalikan pergerakan yang terlihat di awal pekan dengan keuangan, material dan energi di antara penurunan terbesar setelah mengalami beberapa perbaikan terbesar di awal pekan."

Raksasa telekomunikasi Telstra adalah salah satu pemenang terbesar, melonjak 3,01 persen setelah mengusulkan restrukturisasi lebih lanjut bisnisnya pada Kamis.

Konglomerat Australia Wesfarmers juga menonjol, bertambah 2,54 persen setelah pembaruan perdagangan menunjukkan pertumbuhan penjualan daring yang kuat dalam bisnis seperti Bunnings dan Officeworks, dibantu oleh penguncian COVID-19 di Melbourne.

Di bidang keuangan, bank-bank besar terpuruk dengan Commonwealth Bank turun 1,79 persen, National Australia Bank turun 2,38 persen, Westpac Bank turun 1,87 persen dan ANZ turun 1,10 persen.

Saham-saham pertambangan merosot dengan BHP turun 1,09 persen, Rio Tinto turun 0,70 persen, Fortescue Metals turun 4,34 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,58 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas melemah dengan Oil Search turun 0,28 persen, Santos turun 1,51 persen dan Woodside Petroleum turun 0,62 persen.

Supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles turun 0,17 persen dan Woolworths tidak berubah.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra melonjak 3,01 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas merosot 1,36 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,67 persen.

Baca juga: Saham Aussie dibuka menguat meskipun sumber daya, bank berbalik arah
Baca juga: Saham Aussie ditutup naik saat euforia vaksin beri harapan pemulihan
Baca juga: Saham Aussie berakhir menguat dengan energi dan bank memimpin kenaikan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020