Ambon (ANTARA News) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Maluku dan lembaga dunia yang menangani masalah anak, UNICEF, menggelar "workshop" menulis dan foto jurnalistik tentang anak Maluku di Tirta Kencana, Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Senin.

"Workshop" yang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, 19-21 April 2010 itu menghadirkan Maria Andriana dan Oscar Matuloh, masing-masing sebagai Manager Lembaga Pendidikan Jurnalistik dan Direktur Galeri Foto Jurnalistik ANTARA, sebagai narasumber.

Pimpinan UNICEF Perwakilan Maluku, Widodo Suhartoyo mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas yang memadai dan profesional sehingga bisa menghasilkan berita dan gambar yang komprehensif dan berpihak kepada anak.

Dikatakannya, pihaknnya berkepentingan melakukan advokasi terhadap pengambilan kebijakan masalah anak di daerah ini melalui tulisan dan foto para wartawan dan fotografer yang menjadi peserta "workshop".

"Kalau saya berbicara mungkin tidak akan didengar oleh pemerintah setempat, tetapi kalau melalui tulisan dan foto akan lebih cepat dimengerti," katanya.

Sementera itu, Kepala Biro ANTARA Maluku, John Nikita Sahusilawane mengatakan, dirinya sangat menanti kegiatan yang dilaksanakan hari ini demi pembangunan daerah ini ke depan.

"Saya bahagia karena menanti selama tiga bulan akhirnya "workshop" ini bisa terlaksana. Kegiatan ini diawali dari kesadaran para wartawan tentang bagaimana membangun Maluku ke depan, karena anak-anak ini yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang," katanya.

Dia berharap "workshop" itu akan berhasil menciptakan insan pers sebagai agen-agen pembangunan Maluku di masa mendatang.

(T.KR-RMY/H-KWR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010