Jakarta (ANTARA News) - China berhasil membawa pulang tiga dari lima gelar yang diperebutkan dalam Kejuaraan Asia kendati lebih banyak menurunkan pemain-pemain pelapisnya.

Dalam final turnamen yang digelar di New Delhi India itu, Minggu, China meraih gelar tunggal putra, tunggal putri dan ganda putri, dua di antaranya melalui final antar pemain Negeri Tirai Bambu tersebut.

Gelar pertama disumbangkan pemain tunggal putri Li Xuerui yang mengalahkan rekan senegaranya Liu Xin 21-13, 18-21, 21-19 dalam pertarungan selama satu jam dua menit.

Kemudian ganda putri unggulan keenam Pan Pan/Tian Qing menambah kemenangan bagi China dengan menundukkan pasangan Malaysia Vivian Hoo/Woon Khe Wei 21-10, 21-6.

Juara Olimpiade Lin Dan sebagai satu-satunya pemain utama China yang ambil bagian dalam turnamen berhadiah total 150.000 dolar AS tersebut menggenapi gelar yang diraih China menjadi tiga.

Unggulan kedua itu mengalahkan sesama pebulutangkis China Wang Zhengming yang tidak diunggulkan dalam waktu 39 menit dengan skor 21-17, 21-15.

Gelar ganda putra dimenangi pasangan Korea unggulan kelima Cho Gun Woo/Yoo Yeon Seong yang unggul atas unggulan pertama Chen Hung Ling/Lin Yu Lang dari Taiwan 21-19, 12-21, 21-17.

Adapun makota ganda campuran dimenangkan oleh pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying yan menjadi unggulan ketujuh dengan menyisihkan unggulan keenam asal Korea Yoo Yeon Seong/Kim Min Jung 21-17, 20-22, 21-19.

Pasangan Malaysia itu pula yang menumbangkan satu-satunya harapan Indonesia yang tersisa di semifinal, Devin Lahardi/Liliyana Natsir, setelah pemain-pemain lainnya tersisih lebih dulu sehingga tim Merah Putih pulang tanpa gelar.
(Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010