Madrid (ANTARA News/AFP) - Spanyol dan Vietnam, Senin, sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang jalan rel dan proyek-proyek infrastruktur.

Dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Menteri Transportasi Spanyol Jose Blanco dan mitranya dari Vietnam yang sedang berkunjung Ho Nghia Dung di Madrid, Spanyol akan berbagi pengalaman dalam mengembangkan salah satu jaringan jalan raya dan kereta api berkecepatan tinggi terbesar Eropa, pemerintah mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Vietnam adalah salah satu negara Asia penting terbesar bagi perusahaan Spanyol," kata pernyataan itu.

Pada Desember Spanyol mengumumkan akan menyediakan hingga 500 juta euro (675 juta dolar AS) dalam kredit untuk membantu membiayai perluasan metro di Ho Chi Minh City di Vietnam.

Para pejabat di Ho Chi Minh City, sebelumnya dikenal sebagai Saigon, sedang membangun sebuah jaringan angkutan cepat yang memiliki enam lini metro dan tiga monorel pada 2020 dengan panjang total lebih dari 100 kilometer.

Sementara Spanyol tetap terjebak dalam resesi terpanjang dan terdalam di dekade, Pemerintah Vietnam menargetkan pertumbuhan sebesar 6,5 persen tahun ini setelah berkembang sebesar 5,3 persen tahun lalu. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010