Surabaya (ANTARA News) - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya langsung menggugurkan seorang peserta tes Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) jalur prestasi, Minggu, karena ditemukan berbuat curang.

"Dari 8.279 peserta tes terdapat 45 peserta yang tidak hadir di lokasi tes (19 dari kelompok IPS, 20 dari IPA dan enam dari IPC) dan seorang peserta diketahui curang," kata Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unair, Soebianto Soegeng, SH., MH.

Ia mengatakan peserta itu berbuat curang karena diketahui melakukan dan menerima SMS melalui ponselnya dengan orang yang berada di luar gedung.

"Taktiknya yang mencurigakan sudah diendus sejak dia masuk ruang, karena dia datang terlambat, sehingga dia tidak mengetahui bahwa HP harus disimpan di tas dan atau dikumpulkan/dititipkan pengawas," katanya.

Ketika dia terlihat sibuk mencet-mencet sesuatu, panitia curiga dan setelah didekati ternyata melakukan SMS dengan orang lain di luar gedung.

"Kendati tidak diketahui persis isi SMS itu, namun karena hal tersebut sudah melanggar aturan tes, maka peserta tersebut dibatalkan kelulusannya. Jadi, langsung digugurkan," katanya.

Namun, katanya, karena sifatnya PMDK Prestasi itu masih tes awal, maka panitia merahasiakan pelaku kecurangan tersebut dengan harapan masih bisa mengikuti ujian seleksi masuk pada jalur lain.

Sebanyak 8.279 calon mahasiswa yang menjadi peserta tes PMDK Prestasi itu merupakan siswa pandai dengan ranking 1-5 di kelas pada kurun 2009-2010.

Jumlah itu mengalami peningkatan, karena peserta tahun lalu berkisar 6.000 calon mahasiswa.

Sebelumnya, pendaftaran PMDK Prestasi dilakukan melalui campur tangan Kepala SMA masing-masing dan untuk tahun ini terdapat 10.529 siswa kelas III tahun 2010 yang mengajukan/memasukkan dokumen ke PPMB Unair.

Namun, setelah dilakukan uji administrasi hanya 10.269 siswa yang lolos untuk bisa mengikuti tes. Mereka itu berasal dari 30 provinsi di Indonesia dan seorang berasal dari luar negeri.

Dari 10.269 peserta yang diundang mengikuti tes PMDK Prestasi Unair 2010 itu hanya 8.353 siswa yang membeli formulir pendaftaran, tapi hanya 8.279 formulir yang dikembalikan kepada panitia PPMB Unair.

Di Unair, penerimaan calon mahasiswa baru dilaksanakan melalui dua sistem yakni Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Penelusuran Minat Dan Kemampuan Universitas Airlangga (PMDK-Unair).

PMDK-Unair adalah sistem penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga secara mandiri. PMDK-Unair terdiri atas empat jalur yaitu Jalur Prestasi, Jalur Umum, Jalur Alih Jenjang, dan Jalur Diploma.

(T.E011/I007/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010