Jepara (ANTARA News) - Tuan rumah Persijap berhasil memenuhi ambisinya untuk meraih angka penuh setelah mengalahkan Persatuan Sepak Bola Indonesia Bandung (Persib) 2-1 (1-0) pada Kompetisi Sepak Bola Liga Super di Stadion Gelora Bumi Kartini (GBK) Jepara, Sabtu malam.

Pertandingan antara kedua tim yang disaksikan sekitar 15 ribu penonton tersebut berlangsung dalam tempo lamban, terutama diperagakan tim tamu Persib, sedangkan tuan rumah berusaha main cepat dengan mengandalkan serangan dari sayap dan tengah.

Tim asuhan pelatih Jaya Hartono terlihat lebih senang memainkan bola dari kaki ke kaki, kemudian kalau ada kesempatan langsung menekan pertahanan Persatuan Sepak Bola Indonesia Jepara (Persijap) yang dikoordinasi oleh Evaldo Silva.

Pada babak pertama tim asuhan pelatih Junaidi lebih banyak memiliki peluang untuk mencetak gol melalui tendangan Isdiantono. Namun, tendangannya berhasil ditepis kiper Markus Haris Maulana.

Kemudian penyerang Persijap Eki Nurhakim juga memiliki peluang, tetapi tendangan kerasnya berhasil ditepis kiper Persib tersebut.

Penyerang Persijap asal Argentina, Pablo Francis, mendapat peluang untuk mencetak gol, tetapi tendangannya berhasil ditepis kiper Bandung dan hanya menghasilkan tendangan penjuru meskipun saat itu posisi Pablo sudah berhadapan dengan kiper Markus Haris Maulana.

Sebaliknya, Persib hampir-hampir tidak memiliki peluang untuk mencetak gol meskipun mereka lebih menguasai lini tengah. Pemain Persib, Atep hanya melancarkan tendangan dari jarak jauh dan itu pun terlalu tinggi di atas mistar Gawang M. Syahbani (Persijap).

Persijap berhasil mencetak melalui sundulan kepala Makhrus Bachtiar pada menit ke-43.

Gol tersebut bermula dari tendangan bebas yang dilakukan Isdiantono, kemudian disambut dengan sundulan kepala dan jatuh di sisi kanan kiper Markus Haris Maulana tanpa bisa diantisipasi kiper dan pemain belakang Persib.

Sampai babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah Persijap.

Memasuki babak kedua, Persijap dan Persib tetap menerapkan pertandingan menyerang untuk bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Persijap memperbesar kemenangan menjadi 2-0 melalui gol yang dicetak oleh Eki Nurhakim pada menit ke-60. Gol tersebut bermula dari serangan dari sayap kiri dan Pablo Francis yang menerima bola dari temannya langsung membawa bola ke depan.

Kemudian diumpan ke depan gawang Persib dan saat itu ada dua pemain belakang mereka yang berdiri sejajar dengan bola umpan dari Pablo, tetapi tidak berhasil mencegat bola itu.

Penyerang Persijap Eki Nurhakim yang ada di belakang kedua pemain itu berhasil mencegat bola dan dibawa sendiri, lantas ditendang ke arah gawang Persib tanpa bisa diantisipasi kiper mereka.

Persib memperkecil kekalahan menjadi 2-1 melalui gol yang dicetak Atep pada menit ke-74 setelah menerima umpan silang dari Satoshi Otomo. Atep yang berdiri bebas tanpa kesulitan menaklukan kiper Persijap M. Syahbani.

Sampai pertandingan usai kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Persijap.

Wasit Setiyono yang memimpin pertandingan ini mengeluarkan kartu kuning untuk Atep dan Christian Rene Martinez (Persib).
(H015/R009)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010