Jakarta (ANTARA News) - PT Liga Indonesia menggandeng Panasonic Gobel sebagai salah satu sponsor penyelenggaraan Piala Indonesia yang rencananya digelar mulai 14 April pekan depan.

Selain Panasonic, PT Liga Indonesia juga menggandeng PT Tunas Bola (Tabloid Bola) menyusul RCTI serta produsen alat-alat olah raga Mikasa sebagai sponsor.

"MoU dengan keduanya (Panasonic dan Tabloid Bola red) telah kami lakukan. Untuk sementara durasi kontrak selama satu tahun," katanya di sela penandatangan MoU di kantor PT Liga Indonesia di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan banyaknya sponsor yang masuk diharapkan mampu menutup kebutuhan biaya yang digunakan untuk penyelenggaraan Piala Indonesia.

Sesuai pendataan yang dilakukan PT Liga Indonesia, anggaran yang diperlukan untuk Piala Indonesia tahun ini mencapai kurang lebih Rp12 miliar.

"60 persen dana itu dari sponsor, sedangkan sisanya dari Liga. Dengan bergabungnya beberapa sponsor sudah hampir menutup anggaran yang diperlukan," katanya menambahkan.

Presiden Panasonic Gobel Indonesia Ichiro Sagunuma mengatakan, kerja sama olah raga terutama dengan PT Liga Indonesia merupakan yang pertama selama kehadiran Panasonic di Indonesia.

"Kerjasama ini sebagai momen 50 tahun Panansonic di Indonesia. Kami melihat sepak bola menjadi olah raga yang populer. Itu salah satu pertimbangan kami untuk mendukung Piala Indonesia," katanya di sela penandatanganan MoU.

Menurut dia, dengan adanya kerjasama ini diharapkan membantu perkembangan sepak bola Indonesia. Selama ini Panasonic hanya mensponsori kegiatan diluar olah raga.

Sementara itu Direktur PT Tunas Bola Ian Sitomorang mengaku kerjasama dengan PT Liga Indonesia dalam menggelar Piala Indonesia adalah sesuatu yang membanggakan karena turut serta dalam mengembangkan sepak bola Indonesia.

"Kami sadar media merupakan partner strategis bagi Liga untuk berjalan menuju industri sepak bola yang diidamkan seluruh masyarakat," katanya.

Piala Indonesia 2010 putara pertama yang diikuti oleh 32 tim dari 18 tim Indonesia Super Legue (ISL), 12 tim Divisi Utama dan dua tim finalis Divisi Satu akan digelar 14-23 April di delapan kota.

Pada pertandingan ini total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp2 miliar. Sedangkan tim yang bertanding akan mendapatkan match fee sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010