Moskow (ANTARA News/AFP)- Rusia mengirim pasukan elit tambahan 150 personil ke pangkalan militernya di Kyrgyzstan, kata kepala staf angkatan bersenjata Rusia, Nikolai Makarov, Kamis.

"Adalah keputusan presiden untuk mengirim dua kompi pasukan payung -- sekitar 150 personil telah tiba di Kant," kata Nikolai Makarov kepada wartawan di Praha, republik Cheska, tempatnya mendampingi Presiden Rusia, Dmitry Medvedev.

Makarov mengatakan, pasukan tambahan itu dikirim ke pangkalan tersebut untuk membantu keamanan bagi personil militer Rusia dan keluarga mereka yang ditugaskan di pangkalan itu.

Kant adalah lokasi pangkalan militer Rusia persis dekat ibu kota Kyrgyzstan Bishkek. Amerika Serikat juga memiliki pangkalan udara di pinggiran Bishkek yang menjadi pangkalan penting untuk operasi-operasi militernya di Afghanistan.

Sementara itu, kantor berita Reuters melaporkan bahwa Uzbekistan, Kamis menutup perbatasannya dengan Kyrgyzstan, tempat kelompok oposisi mengatakan mereka telah merebut kekuasaan setelah terlibat aksi kekerasan dengan pihak pemerintah.

"Lalu lintas orang dan barang ditangguhkan di perbatasan Uzbekistan dan Kyrgyzstan atas permintaan pihak Uzbekistan," kata juru bicara pihak perbatasan Kyrgyzstan, Dzhoodar Isakonov, melalui telepon.
(Uu.H-RN/B002/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010