Padang (ANTARA News) - Sebanyak 3 unit rumah rusak dihantam longsor di Jorong Batu Nanggai, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam,Sumatera Barat,Minggu (4/4) sekitar pukul 17.30 WIB.

"Hujan lebat yang mengguyur Jorong Batu Nanggai, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam,Sumatera Barat, sejak pukul 15.00 WIB, menyebabkan sebanyak 3 rumah rusak berat dihantam longsor", kata Manajer Pusdalops PB.Sumbar, Ade Edwar melalui telepon seluler.

Rumah yang rusak dihantam longsor tersebut milik, Faisal (46), Farida (40) serta Abas St.Amir (70) warga Jorong Batu Nanggai,Kecamatan Tanjung Mutiara,Kabupaten Agam,Sumbar.

Menurutnya, peristiwa longsor di Jorong Batu Nanggai,Kecamatan Tanjung Mutiara,Kabupaten Agam,Sumbar, terjadi sekitar pukul 17.30 WIB.

"Rumah yang rusak tersebut terkena longsoran tebing setinggi sekitar lima meter karena dipicu hujan deras yang mengguyur selama tiga jam.

"Dinding di kedua rumah tersebut ambrol dan nyaris rata dengan tanah ketika tertimpa longsoran tebing,"ucapnya.

Dia menambahkan, selaian merusak 3 unit rumah, tanah longsor juga menyebabkan akses jalan tertutup serta beberap tiang listrik patah, otomatis jaringan terputus.

"Namun dalam kejadian tersebut tidak ada menimbulkan korban jiwa,"jelasnya.

Dia mengatakan, Tim SAR, bersama pihak terkait membantu evakuasi 17 jiwa Jorong Batu Nanggai,Kecamatan Tanjung Mutiara,Kabupaten Agam,Sumbar, yang terjebak longsor.

"Sejumlah alat berat kini terus bekerja terutama pada daerah atau permukiman terkena longsoran dan tak beresiko terjadi losngsor susulan, namun pada sejumlah lokasi beresiko terjadi longsoran, juga kegiatan pengerukan material yang menimbun badan jalan,"katanya.

Menurutnya, Tim SAR melakukan evakuasi terhadap 17 jiwa yang berada di Jorong Batu Nanggai,Kecamatan Tanjung Mutiara,Kabupaten Agam,Sumbar, ke tempat yang lebih aman.

Seperti Masjid, Sekolah yang tidak terkena terjangan tanah longsor dari atas bukit yang tingginya sekitar 10 meter.

"Namaun ada sebagaian warga yang terpaksa menumpang di tempat tetangga yang rumah tidak kena tanah longsor," pungkasnya.

Dia menambahkan, kami belum bisa menghitung berapa kerugian yang dialami oleh warga Jorong Batu Nanggai,Kecamatan Tanjung Mutiara,Kabupaten Agam,Sumbar, akibat tanah longsor tersebut.

"Udara yang cukup dingin didaerah tersebut, kami juga membantu distribusikan makanan bagi warga rumah yang kena tanah longsor, serta diupayakan mendapatkan selimut," jelasnya. (Ant/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010