Pasuruan (ANTARA News) - Kelompok Teater "Cuci Otak" Kota Pasuruan, Jawa Timur, akan pentas di Manchester, Inggris, 18 Juli mendatang.Pembina Kelompok Teater "Cuci Otak" Kota Pasuruan, Ahmad Rosidi, mengemukakan hal itu saat ditemui ANTARA News di sela-sela acara pameran lukisan "Gandeng Renteng" di gedung Serbaguna Yon Zipur 10/Kostrad Pasuruan, Sabtu malam.

Ia menjelaskan kepastian tampil di Manchester, Inggris tersebut diketahui setelah kelompoknya dinyatakan lolos seleksi bersama 11 kelompok teater dari negara lain di dunia.

"Dari 12 kelompok teater yang terpilih tersebut, kelompok teater `Cuci Otak` merupakan perwakilan kelompok teater dari negara Asia bersama kelompok teater dari India," katanya.

Secara kronologis, Rosidi menjelaskan kelompok teater "Cuci Otak" Kota Pasuruan terpilih setelah mengikuti seleksi lewat Contacting the World dengan cara mengirimkan reaman video.

Kelompok teater "Cuci Otak" Kota Pasuruan mengirim rekaman video pentas seni teater dengan judul "Sanditama Kawedar" (Rahasia yang Terungkap) yang merupakan bagian dari kisah Mahabarata.

Sebagai persiapan keberangkatannnya ke Manchester, Inggris, perwakilan dari Contacting the World dari Manchester, Inggris akan menyaksikan penampilan kisah "Sanditama Kawedar" oleh kelompok teater "Cuci Otak" di Kota Pasuruan, 7 April.

"Untuk persiapan pentas di Kota Pasuruan itu, kami telah siap, namun persiapan keberangkatan ke Manchester, Inggris masih terkendala dana," katanya.

Ia mengungkapkan seluruh biaya di Manchester telah ditanggung pihak pengundang, namun seluruh biaya perlengkapan dan persiapan di dalam negeri ditanggung sendiri.

"Biaya yang kami butuhkan untuk membeli kostum dan biaya perjalanan ke luar negeri untuk anggota kelompok teater sebanyak 15 personel mencapai Rp1,01 miliar," katanya.

Rosidi mengaku belum mendapatkan sumber dana sebanyak itu. Ia berharap Pemerintah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, serta Pemerintah RI bisa membantu.(KR-MSW/E011)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010