Washington (ANTARA News/AFP) - Ekonomi AS menciptakan 162.000 pekerjaan pada Maret, Departemen Tenaga Kerja menyatakan, Jumat, kenaikan terbesar dalam tiga tahun, tetapi tidak cukup untuk mengalihkan tingkat pengangguran dari 9,7 persen.

Dengan mendekati satu dari 10 pekerja Amerika yang keluar dari pekerjaannya, jumlah pekerjaan bulanan -- sebuah indikator yang selalu penuh semangat ditunggu -- dianggap sebagai tanda utama kesehatan yang atas pemulihan ekonomi.

Penciptaan pekerjaan meningkat secara dramatis dari Februari, ketika perekonomian kehilangan 14.000 pekerjaan, menurut angka revisi yang juga diterbitkan pada Jumat.

"Pada Maret, jumlah pengangguran sedikit berubah pada 15,0 juta, dan tingkat pengangguran tetap pada 9,7 persen," Departemen Tenaga Kerja mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Angka tersebut sedikit di bawah ekspektasi pasar. Konsensus memproyeksikan tingkat pengangguran tetap pada 9,7 persen dan penciptaan 184.000 pekerjaan.

Tapi investor, yang meraba-raba sekelilingnya untuk panduan di tengah pergolakan pasar dalam satu generasi, tidak akan mendapatkan kesempatan untuk bereaksi terhadap angka sampai Senin, ketika pasar saham dibuka kembali setelah istirahat Jumat Agung.

Departemen Tenaga Kerja menegaskan bahwa penciptaan lapangan kerja pada Maret telah didorong oleh angka perekrutan pekerja Biro Sensus untuk melakukan survei pada 2010.

"Pekerja di pemerintah federal meningkat pada bulan itu, yang mencerminkan mempekerjakan 48.000 pekerja sementara untuk sensus setiap sepuluh tahun."

Para ahli juga menduga bahwa angka-angka bulan sebelumnya telah terganggu oleh cuaca musim dingin yang memaksa beberapa perusahaan untuk menutup toko dan menunda perekrutan pekerja. Mereka memperkirakan tertahannya aktivitas itu terlepas pada Maret. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010