Tangerang (ANTARA News) - Petugas Polres Khusus Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng dan polisi dari Mabes Polri siaga di Terminal II F bandara itu, menjelang kedatangan Gayus HP Tambunan yang kabarnya terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Pantauan ANTARA di Terminal II F Kedatangan Luar Negeri Bandara Soekarno-Hatta, polres setempat dan Mabes Polri telah siaga sejak pukul 10.00 WIB, menunggu kedatangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) golongan III-A itu.

Gayus akan mendarat pukul 15.35 WIB mengunakan pesawat Garuda Indonesia dari Singapura dengan nomor penerbangan GA-829, sedangkan informasi lain menyebutkan Gayus terbang menumpang Garuda bernomor penerbangan GA-891 pukul 14.55 WIB.

Petugas keamanan yang siaga di terminal II F enggan membuka suara tentang kepastian penerbangan yang membawa Gayus. Mereka hanya mengatakan ditugaskan mengamankan kedatangan Gayus.

Pegawai Direktorat Jenderal Pajak Gayus Tambunan yang melarikan diri ke Singapura berhasil ditemukan Tim Satgas Pemberantasan Mafia Hukum di Hotel Mandarin Meritus, Orchad Road Singapura. dan akan diterbangkan ke Jakarta melalui Bandara Changi Singapura, Rabu siang.

Menurut Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Denny Indrayana di Singapura, Rabu dinihari, Gayus ditangkap oleh tim gabungan Mabes Polri dan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, di Hotel Mandarin Meritus, Selasa (30/3) malam.

Ia menjelaskan, ketika sedang makam malam di Asian Food Mall, Lucky Plaza, Orchad Road, Singapura sekitar pukul 20.30 waktu Singapura, dua anggota Satgas yakni Denny Indrayana dan Mas Ahmad Santosa secara kebetulan melihat Gayus akan makan malam di tempat sama.

"Tim Satgas segera menghubungi Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi yang sudah lebih dulu tiba di Singapura, memberitahukan keberadaan Gayus," kata Denny Indrayana melalui SMS kepada ANTARA, Rabu dini hari.

Tim Satgas dan Kombes Pol M Iriawan dari Mabes Polri membujuk dan meyakinkan Gayus untuk kooperatif mau kembali ke tanah air menghadapi proses hukum dan setelah dua jam bernegosiasi Gayus akhirnya mau kembali ke tanah air.

Sekitar 22.30 Satgas dan Kombes Pol M Iriawan mengantarkan Gayus kembali ke Hotel Mandarin Meritus kamar 2105 untuk berunding dengan istrinya, Milana Anggraeni, yang mendampingiya di Singapura.

Setelah istri Gayus berhasil diyakinkan, Tim Satgas, Kombes M Iriawan, dan Gayus bertemu Kabareskrim, yang juga dihadiri Staf Konjen RI di Singapura dan pejabat kepolisian Singapura, untuk mempersiapkan dokumen keimigrasian nya untuk kembali ke tanah air.

"Persiapan dokumen imigrasi tersebut perlu dilakukan karena paspor yang digunakan Gayus telah dicabut," kata Denny. (*)

A047/B013/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010