London (ANTARA News/Reuters) - Saham-saham Eropa berakhir datar pada Selasa, dengan kenaikan di sektor utilitas mengimbangi penurunan sektor perbankan.

Indeks FTSEurofirst 300 dari saham-saham utama Eropa sementara ditutup naik 0,01 persen menjadi 1.079,34 poin, setelah sebelumnya mencapai 1.086,03, tertinggi sejak awal Oktober 2008.

Indeks, yang meningkat sekitar 26 persen pada 2009, sejauh kuartal ini telah naik 3,2 persen.

Sektor utilitas dalam permintaan menyusul kenaikan pada Senin karena investor terjebak dengan saham-saham defensif. E.ON, GDF Suez dan RWE naik 0,7 hingga 1,4 persen.

"Kami telah beberapa minggu pecah dan kuartal pertama terlihat menjadi salha satu yang baik, tetapi sekarang kita aksi ambil untung sebelum Paskah," kata Jim Wood-Smith, kepala penelitian di Williams de Broe.

Bank Swiss UBS naik tiga persen setelah mengatakan, pihaknya memperkirakan pendapatan kuartal pertama yang dibangun kembali dalam "fixed income business" akan sedikit di bawah 2,3 miliar dolar.

Namun, sektor perbankan, lebih rendah menyusul penurunan sesi sebelumnya. HSBC, Barclays, Lloyds Banking Group dan BNP Paribas tergelincir 0,9-3,0 persen.

Saham bank-bank Yunani jatuh 3,0 persen. Upaya oleh Yunani untuk menghimpun tambahan satu miliar euro, melalui pembukaan kembali sebuah penerbitan 2022, kurang dari permintaan, hanya menghimpun 390 juta euro (527 juta dolar).

Namun, tidak semua saham defensif berada dalam permintaan, dengan pembuat obat-obatan di antara yang merugi terbesar karena AstraZeneca jatuh 1,3 persen.

Saham pertambangan membalikkan keuntungan sebelumnya. Lonmin, Kazakhmys dan Rio Tinto kehilangan 0,4-2,6 persen.

Melihat sahami ndividu elektronika pertahanan Prancis kelompok Thales naik 1,6 persen setelah bank investasi Citigroup menaikkan rekomendasi untuk `beli` dari `tahan`.

Dalam berita ekonomi, harga rumah keluarga tunggal AS naik pada Januari untuk kedelapan bulan berturut-turut dan tingkat tahunan bergerak mendekati peningkatan dalam tiga tahun lalu, indeks harga rumah Standar & Poor`s/Case Shiller menunjukkan.

Kepercayaan konsumen AS rebound pada Maret, dibantu oleh sedikit peningkatan dalam optimisme tentang pasar tenaga kerja, menurut sebuah laporan swasta yang dirilis.

Seluruh Eropa, indeks FTSE 100 turun 0,7 persen, indeks DAX Jerman 0,2 persen lebih rendah dan indeks CAC 40 Prancis turun 0,3 persen. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010