Surabaya (ANTARA News) - Masyarakat sudah mulai memborong tiket kereta api untuk jadwal perjalanan pada peringatan Paskah yang merupakan libur panjang akhir pekan.

Data penjualan tiket kereta api kelas komersial di loket pemesanan Stasiun Gubeng, Surabaya, Senin, terlihat tiket untuk jadwal keberangkatan tanggal 2-4 April 2010 sudah terjual sekitar 60 persen.

"Ini baru empat hari menjelang libur Paskah. Kemungkinan tiket untuk jadwal keberangkatan tanggal tersebut sudah habis sebelum tanggal merah," kata Pelaksana harian Humas PT Kereta Api (PTKA) Daerah Operasi VIII/Surabaya, Catur Herry Winarno.

Sementara itu, di loket pemesanan Stasiun Pasar Turi, penjualan tiket untuk tanggal tersebut sudah mencapai 80 persen.

Menurut Catur, selain peringatan Paskah dan libur akhir pekan, banyaknya masyarakat yang memesan tiket kereta api itu karena bersamaan dengan libur pascapelaksanaan ujian nasional (UN) untuk siswa SMA dan SMP.

Tiket yang laku terjual itu untuk kereta api dari Surabaya ke berbagai kota tujuan, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Banyuwangi.

Meskipun penumpang kereta api diperkirakan membeludak, Daop VIII/Surabaya tidak akan melakukan persiapan khusus.

"Untuk penambahan gerbong, kami masih harus melihat dulu seberapa banyak ledakan penumpang nanti," katanya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Pasar Turi, Setiono, menambahkan, selain tiket kereta api eksekutif dan bisnis untuk perjalanan pada 2-4 April, masyarakat juga banyak yang memesan tiket untuk perjalanan Kamis (1/3) depan.

"Untuk keberangkatan Kamis depan tiket yang terjual sudah mencapai 90 persen," katanya seraya menjelaskan, bahwa tiket untuk perjalanan pada 1-4 April 2010 itu ditetapkan tarif batas atas. (M038/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010