Jakarta (ANTARA News) - PT Trikomsel Oke Tbk memperluas jaringan bisnisnya dengan memasarkan netbook dengan harga dibawah Rp2 juta per unit yang bernama Trio Edubook, yang membidik kalangan pelajar di Indonesia.

Direktur PT Trikomsel Oke Tbk Evy Soenarjo, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA News, di Jakarta, Senin, mengharapkan dengan kehadiran produk tersebut, maka kesenjangan teknologi informasi di kalangan masyarakat bisa semakin menurun.

"Kami sudah menjajaki industri komputer mini sejak tahun 2008 dan melihat animonya terus membaik," katanya. Ia mengakui pihaknya mengincar pasar untuk segmen pelajar di tengah pertumbuhan kebutuhan masyarakat pada produk teknologi informasi yang terjangkau harganya.

Trikomsel, lanjut dia, bekerja sama dengan dua pemegang merek (principal) XCore yaitu perusahaan yang berfokus pada pembuatan komputer berbiaya murah, hemat energi. XCore, kata dia, juga merupakan produsen komputer yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pembuatan "motherboard" untuk aplikasi komputer khusus.

Netbook tersebut memiliki layar monitor 8.9 inci, LED-backlight WSVGA 1024 x 600, yang mengusung prosessor Xcore86 berkecepatan 1GHz. Selain itu, media penyimpanan netbook tersebut menggunakan SD card yang bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan, dan menggunakan baterai standar AA NiMH.

"Perawatan Trio Edubook cukup mudah, karena menggunakan system `Device On Chip,` sehingga jika terjadi kerusakan hanya perlu mengganti komponen yang rusak tidak perlu mengirimkan unit utuhnya untuk diservis," katanya.

Hal lain yang membedakan produk tersebut, dari produk lain, kata dia, Trio Edubook tidak menggunakan adaptor luar sehingga konsumen cukup "plug in" kabel AC ke sumber aliran listrik, dengan konsumsi listrik 6,5 - 8,5 watt.

Ia mengatakan produk tersebut didukung oleh lebih dari 25 pusat pendukung layanan purna jual yang tersebar di beberapa kota besar di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Konsumen pun "Untuk memperkenalkan produk itu ke kalangan pelajar, kami akan mengadakan roadshow ke 20 sekolah di Jabodetabek dengan harga khusus," ujar Evy.

Untuk pembeli umum, Trikomsel juga telah ditunjuk sebagai distributor resmi produk itu untuk tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Di Indonesia, perusahaan itu mengandalkan pemasaran pada jaringan gerai Okeshop dan beberapa retai modern seperti Carrefour dan Hypermart. Selain itu, Trikomsel juga membuka peluang semua pihak yang tertarik menjadi distributor produk itu.(R016/M012)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010