Sentan (ANTARA News) - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) susulan untuk tingkat SMU/SMA di Kabupaten Jayapura, Papua yang diikuti 203 siswa berjalan lancar dan aman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayapura Dra.Yuliana Yoku, di Sentani ibukota Kabupaten Jayapura, Senin, mengatakan, pengawasan ujian susulan cukup ketat dan tidak diperbolehkan guru mata pelajaran yang diujikan pada hari itu menjadi pengawas.

Begitupun dengan soal UN, kata mantan kepala sekolah SMUN I Sentani itu, harus diambil di sekretariat setelah ujian pun lembar jawaban dikembalikan ke sekretariat, tidak diperbolehkan disimpan di sekolah.

Ia mengatakan, jumlah peserta UN susulan tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 203 siswa, masing-masing di rayon I sebanyak 74 siswa, rayon II 100 siswa, rayon III tujuh siswa, rayon IV 15 siswa, dan rayon V tujuh siswa.

Sementara masalah kebocoran soal, kata Yuliana, sangat kecil kemungkinan karena soal UN susulan juga dikawal oleh pihak kepolisian sehingga tidak ada celah untuk merusak kemurnian UN tersebut.

Ia mengatakan, dengan persiapan yang cukup matang, diharapkan pelaksanaan UN susulan tahun ini dapat meluluskan siswa 99 persen.
(HLM/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010