Jakarta (ANTARA News) - Mantan Sekjen DPP Partai Demokrat Marzuki Alie menyatakan, Partai Demokrat bisa mencapai target perolehan suara sebanyak 30 persen pada Pemilu 2014 dengan mempelajari konstelasi politik dan menerapkan strategi tertentu.

"Target perolehan suara 30 persen itu tidak begitu saja datang dari langit, tapi harus mempelajari konstelasi politik yang berkembang dengan mengukur peluang dan ancaman serta kekuatan serta kelamahan partai," kata Marzuki Alie menjelang diskusi "Partai Demokrat Masa Depan" di Jakarta, Senin.

Dikatakan Marzuki, dirinya akan melihat posisi Partai Demokrat dimana kekuatan dan kelemahan partai, dan dimana peluang dan tantangan yang ada.

Berdasarkan situasi itu, kata dia, apakah Partai Demokrat berada di kuadran pertama yang memiliki peluang lebih besar atau berada di kuadran kedua yang memiliki tantangan lebih besar.

"Jika Partai Demokrat telah berada di kuadran pertama maka sangat besar kemungkinan untuk mencapai target, tapi jika Partai Demokrat berada di kuadran kedua maka harus segera didorong ke kuadran partama untuk mencapai target tersebut," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Marzuki juga mengatakan bahwa dirinya menunda penyelenggaraan diskusi "Partai Demokrat Masa Depan" dari Minggu (28/3) siang menjadi Senin siang, karena menghormati acara rapat koordinasi nasional (Rakornas) Partai Demokrat yang baru berakhir pada Minggu sore.

Acara diskusi ini guna mengetahui respons dan masukan dari kader Partai Demokrat, yakni apa yang harus dilakukan guna memenangkan Pemilu 2014.

Acara diskusi dihadiri sejumlah pengurus pusat, pengurus daerah, dan pengurus cabang Partai Demokrat dari seluruh Indonesia.
(R024/B010))

Pewarta: Ardianus
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010