Lisbon (ANTARA News/AFP) - Portugal akan gagal memenuhi tenggat waktu untuk memotong defisit anggaran menjadi sesuai dengan batas-batas Uni Eropa dan peringkat kreditnya tetap berada pada "outlook negatif", lembaga peringkat Standard & Poor`s menyatakan, Jumat.

S&P mengatakan defisit publik Portugal masih akan menjadi 3,8 persen dari output atau PDB, bahkan pada 2013 meskipun pemerintah berencana melakukan langkah-langkah penghematan yang bertujuan untuk memotong ddefisit ari sekitar 9,3 persen pada 2009 menjadi di bawah tiga persen saat itu.

"Hal ini karena kami percaya bahwa beberapa implementasi risiko tetap ... terutama mengingat bahwa pemerintah minoritas akan membutuhkan dukungan oposisi untuk meluluskan undang-undang yang diperlukan," kata lembaga pemeringkat dalam sebuah pernyataannya.

Lembaga juga menegaskan kembali peringkat utang jangka panjang dan jangka pendek Portugal, mengikuti langkah oleh Fitch Ratings untuk menurunkan rating Portugal awal pekan ini -- sebuah langkah yang mengirim sebuah guncangan di pasar keuangan.

"Peringkat di Portugal terus menunjukkan keuntungan dari kesediaan dan kemampuan pemerintah untuk melaksanakan langkah-langkah konsolidasi fiskal," kata Kai Stukenbrock, analis kredit S&P.

Tetapi S&P memperingatkan bahwa prospek kredit Portugal tetap dibatasi "oleh strukturalkeuangan publik yang lemah dan dengan prospek pertumbuhan ekonomi yang anemia, yang kami percaya berasal dari seretnya sektor swasta.

"Siklus penurunan ekonomi Portugal dan peningkatan defisit struktural ... telah menyebabkan saldo anggaran Portugal memburuk secara signifikan," tambah pernyataan.

Pembuat undang-undang Portugal pada Kamis kurang menawarkan dukungan bagi langkah-langkah penghematan pemerintah minoritas, untuk menyetujui sebuah pesan mempermudah dukungan hanya setelah partai oposisi utama abstain.

Pemungutan suara itu dilihat sebagai ukuran penting dukungan politik bagi upaya Portugal memangkas defisit anggaran, yang telah datang di bawah perhatian baru dari investor di belakang krisis utang sesama anggota zona euro Yunani.

Imbal hasi obligasi Portugal 10-tahun -- atau bunga yang pemerintah harus bayar untuk menghimpun uang di pasar utang -- turun menjadi 4,256 persen pada Jumat sore dari 4,357 persen Kamis malam, menunjukkan kepercayaan investor yang lebih besar. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010