Jambi (ANTARA News) - Sebanyak 180 siswa SMA sederajat di Kota Jambi dipastikan tidak bisa mengikuti ujian nasional (UN), hal itu disebabkan para siswa bersangkutan tidak mengikuti pelaksanaan UN reguler tanpa ada keterangan yang jelas.

"Dari hasil evaluasi usai pelaksanaan UN terakhir, yang diperbolehkan mengikuti UN susulan hanya 12 siswa. Sementara, yang lainnya tidak bisa mengikuti UN susulan karena pada pelaksanan UN reguler sebelumnya tidak ikut tanpa ada keterangan yang jelas," ujar kepala dinas pendidikan Kota Jambi, Sihabudin di Jambi, Jumat.

Hasil evaluasi tersebut, kata Sihabudin telah dilaporkan kepada dinas pendidikan Provinsi Jambi. Untuk kemudian dinas pendidikan Provinsi Jambi akan mengirimkan soal-soal UN susulan yang akan digelar pada Senin (29/3) 2010 mendatang.

Khusus pelaksanaan UN susulan di Kota Jambi akan dilaksanakan dikantor dinas pendidikan Kota Jambi. Untuk pelaksanaan UN susulan tersebut prosesnya sama dengan UN reguler sebelumnya yakni akan diawasi dan dijaga ketat oleh tim pengawas independen dan aparat kepolisian.

"Materinya sama dengan UN sebelumnya, namun isi soalnya berbeda, ini untuk menghindari kebocoran," kata Sihabudin.

Sementara, dari pantauan dilapangan, pelaksanaan UN terakhir di Kota Jambi berjalan dengan aman dan tertib. Puluhan siswa dibeberapa sekolah di Kota Jambi berharap hasil UN yang akan mereka peroleh bisa memuaskan.

"Alhamdulillah, UN sudah kami lewati dan tinggal menunggu hasilnya. Semoga saja sesuai dengan harapan kami bisa lulus UN tahun ini," ujar Ida (17) salah seorang siswa SMA N 4 Kota Jambi.

Pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di Kota Jambi tersebut digelar serentak mulai Senin 22 Maret 2010 di 15 SMU/SMK negeri, 38 SMU/SMK swasta dan 16 Madrasah Aliyah negeri/swasta.

Sementara, jumlah peserta UN SMA di Kota Jambi mencapai 9.247 siswa. Jumlah tersebut menurun dibanding peserta tahun lalu yang mencapai 9.786 siswa.

Pada pelaksanaan UN kali ini, Dispendik Kota Jambi menargetkan tingkat kelulusan 100 persen. Dimana nilai minimal untuk lulus adalah 5,50.

Pada pelaksanaan UN tingkat SMA tahun 2009 lalu tingkat kelulusan mencapai 92,7 persen. Angka tersebut meningkat 7 persen dibanding hasil UN pada tahun 2008.

(T.KR-BS/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010