Jakarta (ANTARA News) - Persija Jakarta ditahan imbang tamunya Persib Bandung 2-2 dalam lanjutan Djarum Indonesia Super League (ISL) 2009/2010 di Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis.

Gol Persija dicetak oleh Aliyudin pada menit 77 dan Abanda Herman pada menit 90, sedangkan gol Persib keduanya dicetak oleh Christian Gonzales pada menit 60 dan 82.

Bertanding dihadapan sekitar 25 ribu The Jakmania (sebutan suporter Persija) anak asuh Benny Dolo langsung memberikan tekanan pada tim lawan.

Pertarungan sarat gensi ini terasa sejak menit pertama. Kedua tim langsung menunjukkan jati dirinya sebagai tim yang layak berada dipapan atas klasemen ISL 2009/2010.

Hasilnya, pada menit 5 Aliyudin mampu mengecoh barisan pertahanan Persib yang dikawal Nova Arianto: Pemain mungil ini langsung mengarahkan tendangan kerasnya ke gawang Markus Haris. Namun mantan kiper Arema itu mampu menepisnya.

Tim tamupun juga mempunyai beberapa peluang yang mengancam gawang Persija. Absen M. Yasir menjadi celah untuk terus ditekan seperti yang dilakukan Eka Ramdani pada menit 6. Meski demikian gawang Persija tetap aman.

Tim Macan Kemayoran yang haus akan kemenangan terus membombardir pertahanan Maung Bandung. Lewat Firman Utina gawang Persiba nyaris bobol. Berkat cemerlangnya kiper Markus Haris gawang Persib tetap aman.

Gempuran demi gempuran dilakukan oleh Persija. Beberapa peluang lewat kaki Bambang Pamungkas dan Ismed Sofyan terus mengancam gawang Persib. Lagi-lagi kokohnya Markus Haris dibawah mistar gawang menjadi kendala Tim Macan Kemayoran untuk membuat gol.

Permainan keras yang diperagakan kedua tim selama babak pertama membuat wasit Ole Hadi mengeluarkan tiga kartu kuning yaitu untuk Baihaki Khaizan dan Leonard Tupamahu dari Persija dan Wildansyah dari Persib. Hingga babak pertama usai kedudukan tetap 0-0.

Memasuki babak kedua situasi keamanan memanas. Pemain Persib yang akan melakukan tendangan pojok dilempari oleh penonton. Meski demikian kondisi ini tidak berjalan lama dan pertandingan tidak sampai terhambat.

Upaya untuk menciptakan gol terus dilakukan oleh pemain Persija. Tendangan keras mengarah ke gawang terus tejadi namun tidak membuat kedudukan berubah.

Begitu pula tim lawan. Beberapa peluang berhasil diraih oleh duet Airlangga Sucipto dan Christian Gonzales. Namun tendangan mereka belum mengarah ke gawang Persija yang dikawal oleh Roni Prasnanto.

Petaka tuan rumah terjadi pada menit 60. Lewat umpang silang Airlangga Sucipto akhirnya Christian Gonzales mampu menjebol gawang Persija sehingga merubah kedudukan menjadi 0-1.

Tertinggal 0-1 membuat emosi pemain Persija tidak terkontrol. Pemain yang baru masul Leo Saputra bersitegang dengan Christian Gonzales. Namun demikian kejadian ini mampu ditenangkan oleh wasit.

Masuknya Emalue Serge menggantikan Bambang Pamungkas berbuah manis. Umpan terukurnya pada menit 77 mampu diselesaikan dengan baik oleh Aliyudin sehingga merubah kedudukan menjadi 1-1.

Kedudukan imbang membuat kedua tim meningkatkan tempo pertandingan. Hasilnya Persib kembali unggul lewat tendangan pinalti Christian Gonzales sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-2.

Tertinggal dari tim tamu dan tidak ingin malu di kandang, Tim Macan Kemayoran teus menekan pertahanan lawan. Hasil lewat tendangan bebas Ismed Sofyan yang diteruskan oleh Abanda Herman membuat kedudukan menjadi 2-2.

Hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Ole Hadi kedudukan tetap sama imbang 2-2.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Roni Tri (k), Ismed Sofyan, Abanda Herman, Baihaki Khaizan (KK), Leonard Tupamahu (KK), Erik Setiawan/Leo Saputra, Fahrudin Mustafic, Firman Utina, M. Ilham, Aliyudin, Bambang Pamungkas/Emalue Serge.

Persib Bandung: Markus Haris Maulana (k), Christian Rene Martinez, Maman Abdurahman (c), Nova Arianto, Eka Ramdani/e, Satoshi Otomo, Hariono, Wildansyah (KK)/Cucu Hidayat, Atep, Airlangga Sucipto/Budi Sudarsono dan Christian Gonzales.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010