Riyadh (ANTARA News) - Arab Saudi telah menghancurkan tiga sel militan Al-Qaeda yang merencanakan serangan-serangan di negara kerajaan itu, termasuk terhadap instalasi minyaknya, demikian diumumkan kementerian dalam negeri, seperti dikutip AFP, Rabu.

Satu sel terdiri dari 101 orang, sementara dua sel lain yang lebih kecil masing-masing beranggotakan enam orang.

Anggota-anggota sel yang besar mencakup 47 orang Saudi dan 51 warga Yaman, serta seorang Somalia, seorang Bangladesh dan seorang Eritrea, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dibacakan di televisi pemerintah.

Dua kelompok yang lebih kecil beranggotakan 11 orang Saudi dan satu orang Yaman.
Dalam operasi itu juga disita sejumlah senjata, amunisi, komputer, kartu telefon pra-bayar dan dokumen yang tidak dirinci.

Aparat-aparat Saudi telah menghancurkan sejumlah komplotan yang akan melancarkan serangan-serangan di negara itu tahun lalu, dengan menangkap banyak militan dan menyita senjata dan peralatan pembuat senjata, yang semuanya berkaitan dengan Al-Qaeda.

Pada Agustus, seorang militan Saudi dari kelompok Al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) yang bermarkas di Yaman, yang berpura-pura menyerah kepada pihak berwenang, menyelundupkan sebuah bom ke dalam istana Deputi Menteri Dalam Negeri Pangeran Mohammed bin Nayef dalam upaya membunuh pejabat tinggi keamanan itu.(M014/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010