Tel Aviv, Israel (ANTARA News/Reuters) - Franz Beckenbauer mengatakan, Rabu, pemain brilian Wayne Rooney dengan performanya musim ini bisa memimpin Inggris memenangi final Piala Dunia pada Juli mendatang.

Beckenbauer yang memenangi Piala Dunia bersama tim Jerman Barat sebagai pemain dan pelatih mengatakan, Rooney secara umum telah diakui sebagai "pemain brilian" sebelum musim ini, namun dia masih mampu meningkatkan performanya.

"Dia sedang dalam kondisi yang fantastis bagi Manchester United dan saya harus katakan kepada anda bahwa kami di Bayern akan takut kepadanya ketika kami menghadapi United pada perempatfinal Liga Champion," kata Beckenbauer.

"Namun pada waktu yang sama, dia adalah seorang pemain brilian yang bisa bermain lebih baik dari yang pernah dia tunjukkan, tidak mudah mencetak 33 gol untuk klub anda di Inggris atau dimana saja," katanya.

Dan jika dia terus mencetak gol seperti itu dan bermain seperti ini maka dia bisa membawa Inggris memenangi Piala Dunia," kata Beckenbauer yang hadir pada kongres tahunan UEFA sebagai anggota komisi eksekutif FIFA yang juga sekaligus sebagai presiden kehormatan Bayern Munich.

"Menurut saya mereka akan bersaing di Afrika Selatan bersama para favorit seperti Spanyol, Brazil, Argentina, karena tentu Argentina punya Lionel Messi yang juga merupakan pemain terbaik dunia saat ini," tambahnya.

"Mereka pemain yang berbeda karena Messi begitu cepat dan Rooney begitu kuat, tapi Wayne telah membuat perbaikan yang besar menuju Piala Dunia, dia mengubah cara bermainnya," katanya.

"Jika dia bermain di depan pemain orang, dia menyulitkan pemain belakang lawan untuk harus menghadangnya karena dia mampu menerobos dari dua sayap begitu bagus," katanya.

"Saya tidak pernah melihat dia bermain lebih baik karena saya sekarang melihatnya dalam waktu yang lama," tambahnya.

Beckenbauer mengatakan Rooney akan menjadi masalah besar bagi Bayern dalam perempatfinal Liga Champion.
(/A020/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010