London (ANTARA News/AFP) - Sebuah penguatan yang ditunjukkan di Wall Street membantu pasar saham Eropa ditutup naik pada Selasa waktu setempat, mengimbangi keprihatinan terus-menerus tentang bagaimana krisis utang Yunani akan diselesaikan, kata para dealer.

Mereka mengatakan investor telah sering mengikuti pernyataan yang saling bertentangan dari pejabat senior Uni Eropa dan para pemimpin politik Eropa tentang bagaimana memperbaiki masalah utang besar Yunani, yang terus menekan euro.

Ketidakpastian jelang sebuah KTT penting Uni Eropa pada Kamis dan Jumat telah melemahkan sentimen tetapi saham tidak seburuk pengaruhnya terhadap mata uang tunggal Eropa, kata mereka.

Di London, patokan indeks FTSE 100 ditutup naik 0,52 persen pada 5.673,63 poin. Di Paris, indeks CAC 40 naik 0,63 persen menjadi 3.952,55 poin dan di Frankfurt, indeks DAX 30 ditambahkan 0,50 persen menjadi 6.017,27 poin.

Nick Serff, analis pasar di City Index, mengatakan bursa saham London mendapat dorongan dari pembaruan positif oleh Cairn Energy dan hukum dan umum yang kemudian dibantu lebih lanjut oleh data AS.

"Investor menjaga mata atas perkembangan Yunani dan penundaan KTT Uni Eropa. Namun, hal ini memiliki dampak lebih pada Euro ketimbang ekuitas," kata Serff.

Dia mengatakan investor sedang menunggu untuk melihat bagaimana anggaran Rabu diumumkan, dengan pemilihan hanya seminggu lagi.

Saham Cairn Energy ditutup naik hampir delapan persen setelah mengatakan ladang minyaknya di India mengandung lebih banyak minyak daripada perkiraan sebelumnya.

Di Paris, Wilfried Beau dari Toolbar Meeschaert Gestion Privee mengatakan, data penjualan rumah AS melemah tapi setidaknya cukup baik untuk meyakinkan pasar sementara investor sedang menunggu untuk melihat apa yang mungkin akan muncul di KTT Uni Eropa untuk Yunani.

Di Wall Street, saham menguat, membangun keuntungan pada Senin setelah data penjualan rumah yang dimiliki sebelumnya sebagian besar sejalan dengan perkiraan.

Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 0,48 persen pada sekitar 1715 GMT dengankomposit teknologi Nasdaq bertambah 0,16 persen.

Penjualan rumah yang telah ada (existing home) di AS jatuh untuk ketiga bulan berturut-turut pada Februari untuk sebuah tingkat tahunan 5,02 juta tetapi angka ini "kira-kira sejalan dengan konsensus perkiraan," para analis Briefing.com mengatakan dalam sebuah catatan kepada klien.

Penurunan ini tidak mengejutkan tapi setelah tiga bulan merosot, itu akan baik jika kondisi mulai meningkatkan lagi," kata Joel Naroff, presiden Naroff Economic Advisors.

Krisis Yunani dan komentar bertentangan dari Eropa adalah sebuah gangguan.

"Pandangan kami adalah bahwa pasar ini diakibatkan sebuah periode konsolidasi dalam waktu dekat dan bahwa perselisihan dalam Uni Eropa atas rencana dukungan untuk Yunani bisa menjadi salah satu kendalanya," kata Patrick O`Hare analis Briefing.com.

Di tempat lain di Eropa, Amsterdam naik 1,00 persen, Brussel naik 0,56 persen, Madrid naik 1,24 persen, Milan 0,63 persen dan Swiss 0,16 persen lebih tinggi.

Sebelumnya di perdagangan Asia, Selasa, Tokyo turun 0,47 persen, Shanghai turun 0,70 persen namun Hong Kong ditutup naik 0,26 persen dan Sydney maju 0,92 persen. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010