Padang (ANTARA News) - Sebanyak 41.201 siswa tingkat SD sampai SMA di Kota Padang, Sumatera Barat, akan mengikuti ujian nasional (UN) mulai 22 Maret hingga awal April 2010 mendatang, kata Kepala Dinas Kota Padang M Nur Amin, di Padang, Sabtu.

Ia menjelaskan, jumlah tersebut terdiri atas, tingkat SMU dan Madrasyah Aliyah (MA) sebanyak 8.333 siswa, Sekolah Menegah kejuruan (SMK) 4.217 siswa, sekolah Menengah Pertama (SMP) 14.155 siswa serta tingkat sekolah Dasar (SD) 14.490 siswa.

"Pihak kepolisian sudah dilibatkan dalam mengamankan pelaksanaan ujian pendistribusian soal serta mengawasi siswa yang akan ikut ujian", kata Nur Amin.

Menurutnya, selain di sekolah, UN juga akan dilaksanakan di rumah sakit bahkan di lembaga pemasyarakatan (LP), jika memang ada peserta UN yang berada di dua tempat tersebut.

"Kita akan tetap memberikan kesempatan kepada seluruh peserta UN termasuk yang di penjara maupun di rumah sakit, kalau tidak, kita bisa dituduh melanggar hak asasi manusia (HAM)", katanya.

Dia menambahkan, peserta UN diharapkan mewaspadai beredarnya bocoran kunci jawaban UN karena bisa menyesatkan.

"Jangan percayai kabar tersebut sebab tidak ada sama sekali soal atau kunci jawaban yang dibocorkan. Hal itu tidaklah benar," ucap Nur Amin. (ANT/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010