Jerusalem (ANTARA News/AFP) - Panglima angkatan bersenjata Israel, Letjen Gabi Ashkenazi, bertolak ke Turki , Senin, untuk ikut dalam konferensi pakta pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengenai terorisme dan kerja sama internasional, kata militer setempat.

Selama kunjungan satu harinya itu, Ashkenazi diperkirakan akan melakukan beberapa pertemuan dengan sejawatnya dari Turki, Jenderal Ilker Basbug, dan Menteri Pertahanan, Vecdi Gonul, kata sebuah pernyataan yang dikutip AFP.

Pada Januari lalu, Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, mengunjungi Turki dalam usaha memperbaiki hubungan yang rusak antara Israel dan sekutu Muslim terkemukanya Turki, menjamin satu komitmen bagi kerjasama militer tetapi gagal membujuk Ankara untuk menghentikan kecamannya terhadap kebijakan Israel.

Menteri Luar Negeri Israel yang ultra-nasionalis Avigdor Lieberman sebelumnya membentak duta besar Turki dalam satu pertemuan yang diselenggarakan untuk memprotes satu siaran televisi Turki yang menunjukkan gambaran buruk Israel. Insiden itu membuat satu pertikaian diplomatik penting.

Hubungan antara kedua negara itu memburuk setelah serangan Israel Desember 2008 di Jalur Gaza.
(Uu.H-RN/M043/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010