London (ANTARA News) - Manajer Liverpool Rafa Benitez tetap berada dalam tekanan setelah timnya kalah 0-1 di kandang Lille pada pertemuan (leg) pertama babak 16-besar Liga Eropa, Kamis.

Tim asal Jerman Hamburg SV meraih kemenangan 3-1 di kandang sendiri atas Anderlecht sementara Rubin Kazan bermain imbang 1-1 dengan VfL Wolfsburg dan Atletico Madrid melawan Sporting berakhir tanpa gol, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Liverpool, yang satu-satunya peluang meraih trofi pada musim ini adalah pada kompetisi Eropa kedua itu, mengawali pertandingan dengan susunan penyerang Fernando Torres, Ryan Babel, Dirk Kuyt dan Steven Gerrard sementara Lille tidak diperkuat striker top mereka Gervinho.

Tim tamu menguasai babak pertama dan sundulan jarak dekat Torres berhasil diselamatkan oleh Mickael Landreau tetapi hampir tertinggal setelah turun minum ketika elakkan Daniel Agger hanya meleset sedikit dari gawangnya sendiri.

Gol kemenangan Lille terjadi saat waktu bermain hanya tinggal lima menit, ketika tendangan bebas jarak jauh Eden Hazard terhindar dari semua orang termasuk penjaga gawang Liverpool Pepe Reina sehingga memberi tim asal Prancis itu keunggulan tipis menjelang pertemuan kedua.

Penyerang Belanda Ruud van Nistelrooy menandai untuk pertama kali menjadi pemain pembuka bagi Hamburg dengan gol dalam kemenangan meyakinkan atas Anderlecht.

Gol-gol dari pemain belakang Joris Mathijsen dan rekan senegaranya Van Nistelrooy menempatkan tim tuan rumah memimpin tetapi Anderlecht membalas dengan tendangan bebas jarak jauh dari Jonathan Legear sebelum turun minum.

Tim asal Belgia itu, yang mengawali pertandingan dengan menurunkan pemain berusia 16 tahun Romelu Lukaku di lini depan, semakin tertinggal 15 menit menjelang pertandingan selesai, ketika tendangan voli kapten Hamburg David Jarolim bersarang di gawang lawan.

Tim juara Rusia Rubin Kazan unggul lebih dulu melalui sundulan pemain tengah Ekuador Christian Noboa pada babak pertama namun Wolfsburg menyamakan kedudukan melalui tendangan melengkung setelah menit ke-67 dari Zvjezdan Misimovic, yang usahanya juga membentur mistar gawang sebelum dan sesudah ia mencetak gol.

Sporting juga bermain imbang di kandang Atletico Madrid kendati mengakhiri pertandingan dengan sembilan pemain dan tampaknya akan meraih kemenangan jika tembakan striker Liedson tidak membentur mistar gawang.

Tim asal Portugal itu kehilangan pemain belakang Leandro Grimi karena mendapat kartu kuning kedua setelah pertandingan berlangsung setengah jam dan Tonel kemudian langsung mendapat kartu merah saat pertandingan hanya tinggal beberapa menit.

Dalam pertandingan lain, dua kali juara Eropa Juventus menang 3-1 atas Fulham dan finalis yang kalah pada musim lalu Werder Bremen bermain imbang 1-1 di kandang Valencia, begitu pula hasil Benfica saat menjamu Olympique Marseille, dan juara Belgia Standard Liege menang 3-1 ketika bertandang ke Panathinaikos.(F005/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010