Basel, Swiss (ANTARA News/AFP) - Bankir bank sentral terkemuka percaya pertumbuhan ekonomi sedang maju pada sebuah alur "sangat positif" memungkinkan mereka untuk melepas tindakan stimulus, ketua Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet mengatakan setelah mereka bertemu pada Senin.

"Pada tingkat global, sentimen terus tumbuh menjadi sangat positif, dan dengan sejumlah koreksi," katanya kepada wartawan setelah kelompok gubernur bank sentral mengadakan pertemuan rutin mereka di Bank International Settlements (BIS).

Berbicara atas nama mereka, Trichet mengatakan pertumbuhan ekonomi global dianggap sebagai "kuat" dengan kebangkitan konkret dalam perdagangan internasional.

"Kita melihat pentahapan keluar dari tindakan-tindakan non-konvensional yang telah diambil oleh sejumlah besar bank-bank sentral," tambahnya.

Trichet mengatakan phase-out bertahap diijinkan gubernur bank sentral "untuk menemani fakta bahwa pasar membaik "tetapi" tanpa mempengaruhi sentimen pasar dan tanpa memberikan sinyal bahwa kita sedang mengubah kebijakan moneter."

Hampir tiga bulan lalu, gubernur bank sentral kelompok berpengaruh telah mengisyaratkan sebuah optimis mulai 2010, karena negara berkembang mendorong pemulihan global.

Bank sentral utama di Eropa dan Amerika Serikat secara drastis mengupas kembali suku bunga ke tingkat terendah selama 18 bulan sebagai tanggapan terhadap krisis ekonomi global dan keuangan.

Beberapa, terutama Bank of England, ECB, Bank of Japan, dan Swiss National Bank juga terpaksa untuk "langkah-langkah tidak konvensional" tahun lalu melalui intervensi di pasar uang atau membeli obligasi untuk merangsang pengeluaran dan mendorong kenaikan kredit. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010