Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum KONI-KOI Rita Subowo akan dianugerahi gelar doktor honoris causa oleh Universitas Negeri Semarang atas pengabdian dan dedikasinya terhadap dunia olahraga.

Siaran pers Biro Humas dan Media KONI di Jakarta, Sabtu, menyebutkan penganugrahan gelar doktor tersebut akan dilakukan di Auditorium Universitas Negeri Semarang di Gunungpati pada 11 Maret mendatang.

Menurut Rektor Universitas Negeri Semarang Prof. Dr. Sudijono Sastroatmodjo, Msi, dedikasi dan pengabdian Rita Subowo di dunia olah raga tidak perlu diragukan lagi sehingga ia pantas dianugerahi gelar kehormatan tersebut.

"Di tempat kami ini ada Fakultas Ilmu Keolahragaan , sehingga perguruan tinggi kami memandang perlu memberikan apresiasi kepada anak bangsa yang memiliki komitmen memajukan olah raga dan ini merupakan gelar pertama dari Universitas Negeri Semarang," kata Sudijono Sastroatmodjo.

Menurut Sudijono, peran Rita Subowo di forum Internasional sebagai anggota IOC juga menjadi pertimbangan Universitas Negeri Semarang untuk memberikan gelar tersebut.

"Sebenarnya banyak sekali kalau saya cermati sumbangsih beliau di bidang olah raga. Sejak tahun 1983 tidak pernah putus mengabdi di bidang olah raga dan di dalam negeri pun ia memprakarsai menggelar event olahraga pantai pertama tingkat Asia, Asian Beach Games," katanya menambahkan.

Rita juga akan didaulat untuk memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang , bersama aktivis lingkungan hidup Ully Sigar Rusady.

Rita yang dihubungi mengaku terkejut dengan penganugerahan gelar  itu. Dia  berharap gelar doktor kehormatan itu akan menjadi pemicu semangatnya untuk terus mendedikasikan hidupnya untuk olah raga Indonesia.(T.A032/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010