Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Marzuki Alie mengatakan, tindakan pemerintah menyelamatkan Bank Century adalah benar untuk mencegah terjadinya dampak krisis finansial yang lebih luas pada perbankan nasional.

"Secara pribadi saya memahami situasi dan tindakan yang dilakukan pemerintah saat itu," kata Marzuki Alie di Gedung DPR, Jakarta, Jumat.

Hal itu dikatakan Marzuki Alie menjawab pertanyaan pers soal pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (4/3) malam, menyikapi keputusan DPR soal kesimpulan dan rekomendasi Panitia Angket Kasus Bank Century.

Dikatakan Marzuki, dalam pidatonya Presiden menjelaskan soal fakta dan situasi krisis finansial pada 2008 serta langkah penyelamatan yang dilakukan pemerintah saat itu.

"Sebagai kepala pemerintahan Presiden Yudhoyono memang harus bertindak seperti itu," kata mantan Sekjen Partai Demokrat ini.

Dijelaskan Marzuki, ketika dirinya masih menjadi direktur salah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada 1998, Indonesia saat itu juga mengalami krisis finansial.

Menurut dia, sangat sulit mengendalikan perekonomian pada saat krisis, karena kurs rupiah terhadap dolar mengalami fluktuasi yang sangat drastis.

Marzuki menegaskan, manajemen krisis sangat berbeda dengan manajemen normal.

Dalam situasi normal, kata dia, pakar-pakar ekonomi tahu semua bagaimana mengelola manajemennya, tapi kalau manajemen kriis tidak ada ilmunya.

Marzuki juga menjelaskan, DPR juga sudah melakukan tugasnya yakni mengungkap kasus Bank Century melalui Panitia Angket.
(R024/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010