Pariaman (ANTARA News) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Nasional Demokrat wilayah Sumatra Barat (Sumbar) akan dideklarasikan di Padang pada April 2010, kata Ketua Umum Nasional Demokrat Surya Paloh di selasela kunjungan di Pariaman, Kamis.

"April nanti akan dideklarasikan keberadaan Nasional Demokrat di Sumbar," katanya.

Paloh berada di Pariaman dalam rangka menghadiri peletakan batu pembangunan Gedung SDN 07 Batang Kabung Pariaman. Sekolah itu merupakan satu dari 18 sekolah yang dibangun kembali oleh Media Grup di Sumbar. Semula sekolah-sekolah itu roboh dan rusak berat akibat gempa 7,9 SR pada 30 September 2009.

Menurut Surya Paloh, pendeklarasian Nasional Demokrat Sumbar, dilakukan setelah pengurus pusat melihat sambutan masyarakat daerah ini terhadap keberadaan ormas itu cukup besar serta cukup banyak tokoh Sumbar yang ingin bergabung.

Hal ini, menurut dia, menunjukkan keinginan kuat masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

Menyinggung calon ketua Nasional Demokrat wilayah Sumbar, Paloh mengatakan, hingga saat ini belum ditentukan dan dibicarakan.

"Belum ada pembahasan mengenai bursa calon ketua dan saat ini pembicaraan difokuskan pada persiapan deklarasi Nasional Demokrat di Sumbar," katanya.

Jika deklarasi wilayah Sumbar telah dilakukan, termasuk untuk kabupaten/kota baru, pembicaraan tentang bursa calon ketua Nasional Demokrat Sumbar dibahas dan ditentukan. (H014/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010