Taipei (ANTARA News/Reuters) - Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter telah mengguncang Taiwan dan menghentikan transportasi Kamis pagi, tapi tidak ada laporan segera mengenai korban atau kerusakan besar, kata pejabat.

Pusat gempa, yang mengguncang pada pukul 08.18 waktu setempat (atau pukul 07.18 WIB) adalah di gunung di sekitar kota Kaohsiung di Taiwan selatan pada kedalaman 5Km, jelas Biro Cuaca Pusat.

Taiwan masih menggunakan skala Richter untuk mengukur intensitas gempa. Survei Geologi AS menyebutkan kekuatan gempa itu 6,4, telah direvisi dari 6,5 sebelumnya, dan menyebutkan kedalamannya 35Km.

Gempa itu terasakan di ibukota Taipei, tempat banyak bangunan terguncang selama beberapa menit. Pelayanan di separuh dari kereta api berkecepatan tinggi di bagian selatan Taiwan, yang menghubungkan Taipei dengan wilayah selatan terhenti.

Gempa sering terjadi di Taiwan, yang terletak di jalur lembah Pasifik yang aktif menurut ilmu gempa.

Salah satu gempa terburuk yang tercatat terjadi pada September 1999. Gempa itu, yang berkekuatan 7,6, menewaskan lebih dari 2.400 orang dan menghancurkan atau merusak 50.000 bangunan. (S008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010