London (ANTARA News) - Tottenham Hotspur berhasil mengatasi tekanan keras Everton ketika unggul 2-1 pada laga kandang sedangkan Fernando Torres mencetak gol dalam penampilan pertama setelah istirahat enam bulan, ketika Liverpool mengalahkan Blackburn Rovers 2-1 pada lanjutan laga liga Inggris, Minggu.

Setelah kekalahan mengejutkan Manchester City 2-4 di Chelsea, Sabtu, hasil Minggu membuat perebutan urutan keempat menjadi semakin ketat, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

Spurs berada di urutan keempat dengan simpanan 49 poin, di atas City karena unggul selisih gol. Liverpool tetap berada di urutan keenam dengan 48 poin sedangkan Aston Villa, yang kalah 1-2 atas Manchester United pada final Piala Liga Minggu berada di urutan ketujuh dengan koleksi 45 poin.

Chelsea masih di puncak dengan 61 poin, satu angka di atas Manchester United. Arsenal, yang menang 3-1 di Stoke City, berada di urutan ketiga dengan simpanan 58 poin.

Tottenham memperagakan permainan mengesankan pada babak pertama di White Hart Lane dan memimpin 2-0 pada babak awal.

Roman Pavlyuchenko, yang mencetak gol dua kali dalam tiap penampilannya pada dua laga terakhir, membuka angka ketika pertandingan berjalan 11 menit dan Luka Modric menambah satu lagi pada menit ke-28 dengan cara amat brilian.

Permainan berubah lima menit memasuki babak kedua, ketika Tottenham kehilangan pemain tengah berbakat Tom Huddlestone dan Everton mulai mendikte lawannya.

Mereka menciptakan gol pada menit ke-53, ketika Ayegbeni Yakubu memanfaatkan kesalahan Heurelho Gomes -- pertama kali Spurs kemasukan

dalam enam laga kandang mereka-- tetapi penjaga gawang Spurs melakukan pengamanan menawan ketika Jack Rodwell dan Steven Pienaar mengancam kedudukannya.

Everton, yang kecolongan 0-2 di kandang akhirnya, menyamakan kedudukan 2-2 dengan Spurs di Goodison Park, Desember, seharusnya membuat hal sama 12 menit menjelang pertandingan selesai, ketika pemain pengganti Landon Donovan gagal memanfaatkan peluangnya.

Steven Gerrard membuat Liverpool unggul pada menit ke-20 tetapi Blackburn menyamakan kedudukan melalui penalti Keith Andrews, setelah "handball" Jamie Carragher.

Torres, yang mengawali permainan pertamanya setelah istirahat enam minggu karena operasi kaki, membuat timnya memimpin semenit menjelang akhir babak pertama dengan cara mudah karena penjaga gawang meninggalkan posnya.

Liverpool berjuang mengatasi permainan pada babak kedua tetapi Blackburn lebih menekan mereka, bahkan Christopher Samba --yang sudah dekat dengan gawang gagal-- membuat penyelesaian akhir karena penjaga gawang Jose Reina menjinakkannya.

Pertandingan lain hari itu antara Sunderland dan Fulham berkesudahan tanpa gol.(A008/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010