Palembang (ANTARA News) - Libur sementara dari jadwal kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 dimanfaatkan Sriwijaya FC (SFC) untuk melakukan uji coba dengan tim juniornya, SFC Under-21 di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan, 3 Maret.

Pelatih SFC, Rahmad Darmawan, mengatakan di Palembang, Senin, SFC mengalami kekosongan jadwal karena tujuh pilar utamanya memperkuat Indonesia di ajang Pra-Piala Asia 2011 melawan Australia, 3 Maret.

"Tidak baik jika pemain libur cukup lama, nantinya mereka bisa kehilangan `rasa` mengenai aroma suatu kompetisi yang ketat dengan persaingan. Sedapat mungkin saya mengupayakan mereka melakukan uji coba pada saat jadwal kosong," kata Rahmad pula.

Dia menyatakan, meskipun lawan tanding tergolong tidak sepadan, namun setidaknya dapat tetap menjaga fisik dan mental bertanding skuadnya.

"Tidak mudah mencari lawan tanding di masa kompetisi sedang berlangsung seperti saat ini. Karena tidak semua tim mendapat kekosongan jadwal. Hanya tim yang memiliki pemain timnas saja yang jadwalnya disesuaikan," ujar dia.

Rahmad menyatakan, kesempatan uji coba ini juga digunakan untuk memantau perkembangan adaptasi dari striker rekrutan baru SFC, Pavel Solomin.

"Saya ingin melihat hasil latihan Pavel dengan anak-anak yang telah dilakukan dalam beberapa waktu lalu. Tentu yang menjadi perhatian saya adalah koordinasi lini depan dalam melakukan serangan yang telah menjadi permasalahan utama kami selama ini. Uji coba ini besar manfaatnya bagi dia untuk persiapan laga perdananya," ujar Rahmad.

Skuad SFC akan tetap melakukan latihan menjelang pertandingan itu, setelah menjalani libur selama lima hari untuk melawat ke Maladewa menghadapi Victory SC di ajang Asian Football Confederation (AFC) Cup, 23 Maret.

Laga berikutnya pada LSI, "Laskar Wong Kito" akan menjamu Bontang FC di Palembang, 7 Maret.

Menurut Rahmad, kondisi pemainnya dipastikan sangat bugar karena mendapatkan istirahat panjang itu.

Pelatih SFC U-21, Kas Hartadi secara terpisah mengatakan, pertandingan uji coba itu sekaligus akan menguji ketajaman strikernya, Tinton Suharto yang baru saja bergabung di putaran kedua ini.

"Tinton adalah pemain rekrutan baru kami. Meskipun dia memiliki kemampuan bagus karena telah lebih berpengalaman dibandingkan pemain lain, tapi dalam suatu tim membutuhkan suatu kekompakan. Beruntung sekali kami dapat beruji coba dengan SFC senior, sebagai tim yang ada di atas kami untuk mengejar target enam besar," ujar Kas. (U005*B014/A038)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010