Seoul (ANTARA News/AFP) - Perwakilan dari Kelompok 20 (G20) negara maju dan berkembang bertemu di Korea Selatan Sabtu guna membahas masalah ekonomi pasca-krisis global.

Sekitar 150 orang dari negara-negara anggota G20 dan Dana Moneter Internasional (IMF), Bank Dunia dan juga Organisasi Pembangunan dan Kerjasama Ekonomi (OECD) ambil bagian dalam forum dua hari di Incheon, di sebelah barat Seoul itu.

Pertemuan tersebut merupakan yang pertama dalam serangkaian persiapan pertemuan pendahuluan pertemuan puncak (KTT) G20 tahun ini di Toronto pada Juni mendatang dan di Seoul pada November mendatang, kata juru bicara Sohn Jie-Aae.

Para peserta, sebagian besar para wakil menteri keuangan dan deputi gubernur bank sentral, akan membicaran berbagai upaya untuk mengambil langkah strategis bersama untuk keluar dari berbagai kebijakan stimulus dan mencapai pertumbuhan berkesinambungan.

Reformasi dalam badan-badan internasional pemerintahan seperti IMF dan Bank Dunia dan merencanakan memperbaiki regulasi finansial juga menjadi agenda pertemuan itu, kara Menteri Keuangan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Selain itu juga membicarakan usulan pembentukan suatu jaringan pengaman finansial global "guna meliandungi ekonomi-ekonomi sedang tumbuh dari mulai alairan modal yang bergejolak" dan mengatasi perubahan iklim.

Belum ada komunike atau semacan pernyataan yang akan dikeluarkan dalam pertemuan itu, yang diselenggaran secara tertutup untuk kalangan pers.

G20 telah diakui pada KTT Pittsburgh September lalu sebagai forum ekonomi utama dunia, menggantikan kelompok tujuh negara kaya (G7).
(Uu.SYS/S004/A023/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010