Bandung (ANTARA News) - Antrean kendaraan sepanjang sekira empat kilometer terjadi di pintu tol Pasteur Kota Bandung, Jawa Barat, pada hari pertama libur panjang pekan ini.

"Long weekend ini, antrean kendaraan sudah mulai terjadi sejak siang tadi. Untuk saat ini, gerbang Tol Pasteur menuju arah Bandung pun antrean terjadi hingga empat kilometer lebih," kata Petugas Sentra Komunikasi Tol Purbaleunyi, Wawan, Jumat.

Ia mengatakan, dari hasil pantauan CCTV dan petugas di lapangan, antrean kendaraan di pintu Tol Pasteur akan terus meningkat hingga malam nanti.

"Diperkirakan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung yang melalui Tol Pasteur akan terus bertambah hingga malam nanti," ujarnya.

Hal berbeda terjadi di kasawan pusat perbelanjaan atau factory outlet di Bandung.

Suasana di kawasan pusat perbelanjaan yang ada di sepanjang Jalan RE Martadinata masih sepi pengunjung.

"Belum ramai kang. Masih seperti hari biasa. Sepertinya besok akan lebih rame dari hari ini," ujar salah seorang juru parkir di salah satu FO, Maman.

Suasan sepi di kawasan FO terlihat dari masih lenggangnya kawasan parkir di setiap FO.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar menyatakan, musibah banjir yang melanda Bandung akhir-akhir ini tak hanya menghambat aktifitas warga, tetapi juga mempengaruhi kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Para wisatawan lokal yang datang ke Jawa Barat, khususnya Bandung mayoritas dari Jakarta. Saat ini, banjir memang sering terjadi di Bandung, hal itu membuat mereka lebih memilih tinggal di rumahnya daripada berkunjung ke Bandung," ujarnya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010