London (ANTARA News/AFP) - Bek Manchester City, Wayne Bridge, meninggalkan tim nasional Inggris setelah memutuskan untuk tidak mau dipilih ke skuad tersebut berkaitan dengan "affair" John Terry dengan mantan teman wanitanya yang membuat posisinya di tim tak dapat dipertahankan.

Bridge mengeluarkan pernyataan melalui pengacaranya hari Kamis yang menegaskan bahwa ia tidak ingin dipilih masuk skuad asuhan Fabio Capello untuk berlaga di putaran final Piala Dunia tahun ini di Afrika Selatan karena kehadirannya sangat "memecah belah".

Mantan bek kiri Chelsea itu mempertimbangkan masa depan internasionalnya sejak laporan tentang "affair" Terry dengan mantan teman wanitanya, Vanessa Perrocel, seorang model pakaian dalam Prancis, pertama kali tersiar. Bridge dengan model Prancis itu sudah dikaruniai seorang anak yang berusia empat tahun.

Terry dicopot dari jabatannya sebagai kapten Timnas Inggris oleh Capello akibat skandal itu dan pelatih asal Italia itu telah memikirkan Bridge untuk terus bermain memperkuat tim negaranya.

Dengan pilihan pertama di bek kiri Ashley Cole mengalami cedera, Bridge akan dipasang berdampingan dengan Terry di daerah pertahanan Inggris dalam pertandingan persahabatan dengan Mesir di Wembley.

Tetapi, pemain berusia 29 tahun itu, yang kemungkinan akan berhadapan dengan Terry untuk pertama kalinya saat Manchester City bertemu Chelsea di Stamford Bridge hari Sabtu, merasa bahwa tidak mungkin baginya untuk memikirkan situasi tertsebut.

Juga dinyatakan bahwa Bridge masih merasa demikian disakiti Terry sehingga ia mungkin bahkan tidak akan jabat tangan dengan kapten Chelsea itu pada saat acara sendau gurau sebelum pertandingan akhir pekan ini.

"Saya sudah berpikir keras dan lama tentang posisi saya di tim sepak bola Inggris, mengingat laporan-laporan itu dan event selama beberapa pekan belakangan ini," kata Bridge dalam sebuah pernyataan.

"Akan selalu merupakan kehormatan untuk bermain bagi Inggris. Tetapi, setelah berpikir secara seksama, saya yakin posisi saya di skuad itu sekarang ini tidak dapat dipertahankan dan sangat berpotensi memecah belah.

"Oleh karena itu dengan sedih saya merasa demi tim dan dalam upaya mengindari terjadinya kebingungan yang tak dapat dihindari, saya memutuskan untuk tidak mau terpilih.

"Saya hari ini telah memberitahu manajemen tentang keputusan ini. Saya berharap tim mencapai hasil terbaik di Afrika Selatan," katanya.

Meskipun Bridge belum secara resmi mengumumkan pensiun dari sepak bola internasional, tampaknya ia tidak akan mempertimbangkan mengasingkan diri secara sukarela, kecuali Terry tidak lagi terlibat di sepak bola Inggris.

Terry kini tampaknya akan bermain dengan beban tambahan, setelah mengetahui bahwa tindakannya itu mengakibatkan teman dekatnya absen di Piala Dunia.

Dengan Cole akan absen selama tiga bulan karena cedera pergelangan kaki, keputusan Bridge itu membuat Capello tanpa bek kiri pilihan pertamanya dan ia kini berpaling pada pemain Aston Villa, Stephen Warnock atau Joleon Lescort dari Manchester City.

Warnock (28) dipilih masuk skuad Capello pada pertandingan persabatan melawan Brasil baru-baru ini, tetapi pengalaman internasional sebelumnya adalah turun ke lapangan selama enam menit sebagai pemain pengganti saat melawan Trinidad dan Tobago Juni 2008.

Capello telah kehilangan bek tengah Manchester United, Rio Ferdinand, yang mengalami cedera punggung, dan bek kanan Liverpool, Glen Johnson, yang absen karena cedera lutut.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010