Jakarta (ANTARA News) - "Shutter Island", film yang dirilis Paramount untuk musim gugur sampai musim dingin, dibintangi Leonardo DiCaprio, dan disutradarai Martin Scorsese, memuncaki tangga film Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu (20/2) dengan meraih keuntungan 40,2 juta dollar.

Di pekan yang sama, juara minggu sebelumnya film komedi romantis "Valentine's Day" dari Warner Bross, menangguk keuntungan 17,2 juta dollar AS dari total 87,4 juta dollar, turun 69 persen dari hari pertama, kini menempati urutan kedua.

Sementara film petualangan keluarga buatan Fox, "Percy Jackson and the Olympians: The Lightning Thief", menempati posisi empat setelah turun 51 persen dan hanya meraih 15,3 juta dolar AS dari total 58 juta dollar AS yang telah diraupnya.

Di tempat keempat, 'The Wolfman' yang mendulang 9,8 juta dolar AS, berkurang 69 persen, dari total 50,3 dolar AS.

Jika dihitung total keuntungan dari sepuluh film terlaris di AS yang mencapai 118 juta dolar AS atau lima persen lebih besar dari sepuluh film terlaris di waktu sama tahun lalu, demikian Rentrak, perusahaan layanan informasi media termasuk film-film terlaris AS, seperti dikutip The Hollywood Reporter.

Di antara film-film itu adalah "The Ghost Writer" produksi Summit Entertainment, yang mendulang pendapatan kotor 179 ribu dolar AS dari dua bioskop New York dan dua lainnya di Los Angeles, AS, atau 44.750 dolar AS per bioskop.

Film ini juga membawa nama Roman Polanski menjadi sutradara terbaik di Festival Film Berlin, Sabtu (20/2).

Dari Brink Films, "The Last New Yorker" dibintangi Dominic Chianese, dikenal melalui perannya dalam "The Sopranos" sebagai 'Uncle Junior', meraih keuntungan 4.704 dolar AS dari pemutaran perdanannya di salah satu bioskop di New York.

Selain itu, Magnolia Picture dan Shorts International mencatatkan keuntungan sebesar 265.000 dolar AS dari 95 bioskop yang menayangkan film-film nominasi Oscar, artinya meraup 2.789 dolar AS per pertunjukan.

Di pasar khusus, Sony Picture menampilkan drama klasik yang diperankan para seniman nominasi Oscar Helen Mirren dan Christopher Plummer, "The Last Station", mencatat 600.958 dolar AS dari total 109 bioskop. Film ini meraih total pendapatan 2,2 juta dolar AS.

'Shutter Island' awalnya akan diputar pada 2 Oktober 2009, tetapi ditunda oleh Paramount dengan pertimbangan menyimpan sebuah gambar yang diharapkan akan meramaikan kompetisi tahun ini.  

Penonton 'Shutter Island' terbagi atas 50 persen pria dan 50 persen perempuan, sementara umurnya rata-rata 25 tahun ke atas. Film ini memang dibuat untuk empat kelompok pemirsa utama; pria, perempuan, orang tua, dan remaja.

"Cara penjualan film ini pada akhirnya ditujukan untuk remaja, baik pria maupun perempuan," kata wakil presiden bidang distribusi Paramount, Don Harris, "Kualitas bahan-bahan kreatif membantu film ini menyasar pasar anak muda dan diterima oleh empat kuadran tadi."

Penayangan perdanan "Shutter Island" mengalahkan film DiCaprio pada 2002, "Catch Me If You Can" yang meraup 30,1 juta dolar AS dan keuntungan dari "The Departed" sebesar 26,9 juta dolar AS, film yang menduetkan DiCaprio dan Martin Socersese.

"Shutter Island" diangkat dari novel karangan Dennis Lehane tentang penyelidikan sebuah kasus pembunuhan di sebuah rumah sakit khusus para kriminal.

Persaingan perfilman semakin ketat setelah hadirnya dua film anyar yang akan beredar luas Jumat mendatang.

"The Crazies" versi buat-ulang film horor klasik tahun 1973, karya George Romero, dan dibintangi oleh Timothy Olyphant dan Radha Mitchell. Terakhir, "Cop Out", produksi Warner Bross yang dibintangi Bruce Wills dan Tracy Morgan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010