Islamabad (ANTARA News/Reuters)- Jet-jet tempur Pakistan menyerang satu tempat persembunyian kelompok gerilyawan yang didukung Al Qaida di pangkalan mereka di Waziristan Selatan , Sabtu menewaskan 30 orang, kata militer.

Pasukan keamanan Pakistan melancarkan serangan besar-besaran di Waziristan Selatan Oktober tahun lalu dan militer mengatakan pihaknya telah merebut sebagian besar pangkalan gerilyawan di wilayah itu.

Serangan itu dilakukan di Shawal, satu tempat persembunyian gerilyawan di gunung dekat perbatasan Afghanistan.

"Tempat persembunyian di Shawal jadi sasaran setelah mendapat laporan bahwa para gerilyawan bersembunyi di gunung-gunung itu," kata seorang juru bicara militer.

Daerah-daerah etnik Pastun Pakistan, terutama di Waziristan Selatan dan Waziristan Utara dianggap sebagai pangkalan utama gerilyawan , termasuk tokoh-tokoh senior Al Qaida dan Taliban . Para pejabat Barat mengatakan mereka memperkirakan sejumlah pemimpin Taliban juga tinggal di kota-kota besar dan kecil Pakistan.

Seorang putra pemimpin kelompok Haqqani , satu faksi penting Taliban yang menyerang pasukan Barat dan Afghanistan, tewas akibat serangan rudal sebuah pesawat AS di Waziristan Utara, Kamis.

Para gerilyawan Taliban , yang ingin menggulingkan pemerintah dan menguasai masyarakat dengan memberlakukan hukum Islam yang ketat , membalas dengan serangan bunuh diri dan bom di seluruh negara itu yang menewaskan ratusan orang.

Seorang polisi tewas dan tiga lainnya cedera dalam satu serangan bunuh diri di kota Balakot, Pakistan barat laut , Sabtu pagi .

Polisi menembak mati seorang lainnya yang diduga adalah pembom di kota terdekat Mansehra ketika ia berusaha memaksa masuk ke sebuah kantor polisi.(*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010