London, (ANTARA News) - Inggris, Perancis dan Jerman menawarkan untuk mengirim kapal perang ke Timur Tengah guna mengawasi dan mencegah penyelundupan senjata ke Gaza demi membantu tercapainya gencatan senjata, PM Gordon Brown mengatakan, Sabtu.

Ketiga negara Uni Eropa itu telah mengirim surat bersama pada pemerintah Israel dan Mesir yang menguraikan tawaran bantuan angkatan laut mereka, ia menambahkan. Mereka juga ingin membantu mengawasi perlintasan perbatasan di Gaza.

"Kami akan melakukan apapun yang kami bisa untuk mencegah perdagangan senjata yang merupakan akar dari masalah yang menimbulkan konflik," kata Brown pada wartawan di kantornya di Downing Street.

"Inggris siap untuk memberikan sumber angkatan laut agar supaya kita dapat mengawasi dan menghentikan lalulintas senjata dan senjata masuk ke Gaza. Saya yakin ini akan membantu mencapai solusi bagi krisis itu."

Inggris dan negara Eropa lainnya juga siap untuk menambah bantuan kemanusiaan yang besar jika gencatan senjata disetujui, ia menambahkan.

Setelah pembicaraan dengan PM Israel Ehud Olmert, Presiden Mesir Hosni Mubarak, Presiden Palestina Mahmud Abbas dan para pemimpin EU, Brown mengatakan ia "penuh harapan lagi" akan gencatan senjata.

"Ada pengertian umum bahwa kekerasan dan tragedi yang mengejutkan yang terjadi harus diakhiri secepat mungkin," kata Brown.

Dalam satu pernyataan, pemerintah Jerman mengatakan negara-negara EU akan bekerja sangat rapat dengan pemerintah Israel dan Mesir untuk menyatukan langkah-langkah keamanan yang telah diusulkan.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009